SHARE THIS ARTICLE

Mendengar suara satu kembang api dinyalakan saja rasanya sudah cukup mengganggu. Bagaimana jadinya jika yang dinyalakan adalah kembang api besar dengan diameter 1,2 meter? Itulah yang ada pada Yonshakudama.

Yonshakudama

Yonshakudama merupakan kembang api single terbesar di dunia. Tidak tanggung-tanggung, beratnya mencapai 420 kg dengan diameter 1 m yang memiliki pipa peluncur sangat besar. Kembang api ini dibuat oleh Honda Masanori di perusahaan Katakai Fireworks Co, Niigata, Jepang.

Biasanya Yonshakudama diluncurkan setiap 9-10 September dalam festival Katakai-Matsuri di kota Katakai. Ledakannya sendiri bisa setinggi 800-an meter ke atas dengan diameter bunga apinya sebesar 700 meter. Tentu saja, harga Yonshakudama juga tidak murah yaitu kisaran Rp 17 juga untuk setiap bola raksasa.

Fotografer Inggris, Tony McNicol, yang tinggal di Jepang kemudian mengabadikan proses pembuatan kembang api tersebut saat mengunjungi pabriknya. Untuk keamanan, pabriknya memiliki bahan-bahan yang terbuat dari tanah. Sumber api di sana juga memakai alat khusus agar tidak menimbulkan percikan api sehingga membahayakan bahan peledak.

Source : wowkeren.com
COMMENT