SHARE THIS ARTICLE

Bagi para pecinta budaya Jepang, tentu yang namanya kendama tidak asing di telinga mereka. Namun bagi yang masih belum tahu apa itu kendama, inilah yang dimaksud:

kendama for tourny use

Seperti yang kalian lihat dari gambar-gambar diatas, kendama adalah sebuah mainan dengan batang kayu yang diikat dengan sebuah bola besar dengan benang. Batang kayu ini disebut dengan ken. Ujung ken ini dibentuk lebih runcing dan diapit dengan dua mangkok kayu. Mangkok-mangkok ini berukuran berbeda dari satu sama lain, dimana yang berukuran besar disebut dengan ozara dan yang kecil disebut dengan kozara. Ada juga mangkok dipasang di bagian bawah ken, dan yang ini dinamakan chuzara.

Okay, jadi itulah kendama! Nah, bagaimana sih cara kita memainkannya?

Cara memainkannya sangat mudah, dan mungkin suatu saat kamu pernah memainkannya atau paling tidak melihat mainan ini dijual di toko yang menjual mainan. Masukkan bolanya kedalam mangkok. Mudah bukan?

TIDAK SAMA SEKALI!

Coba lihat video di bawah ini! Anak kecil yang merupakan pemain kendama yang sangat lihai itu membuktikan betapa sulitnya untuk memainkan kendama!

http://www.youtube.com/watch?v=p7PfxArEEx4

Mungkin kelihatannya memainkan kendama tidak sulit sama sekali. Namun kenyataannya, butuh kemampuan yang andal untuk memainkannya! Hanya memasukan bola kedalam mangkok tidak cukup sulit sekaligus tidak mudah untuk dilakukan.

Japan Kendama Association membuat tabel peringkat bagi pecinta kendama untuk mengukur kemajuan mereka dalam memainkan kendama. Pemain kendama dianggap telah melewati level termudah apabila mereka mampu untuk membiarkan bola kendama masuk ke mangkuk yang besar. Bisa melakukannya? Selamat! Anda bisa melanjutkan main ke tingkat kesusahan yang berikut!

Tentu saja makin ke atas tingkat kesusahan makin sulit dan kompleks, seperti gerakan Around the Block, di mana pemain kendama menggeser bola dari mangkok besar ke mangkok kecil di bagian bawah ken. Berikut tabel peringkat kesulitan kendama.

skill levels

Bahkan sangking populernya permainan kendama ini, turnamen kendama sampai diadakan tingkat nasional bahkan sampai tingkat international! Mungkin peminat asing pun juga ketagihan untuk memainkan kendama ini.

Void_greyscale-Xup_tag

Nah, sekarang kamu tahu dengan lengkap betapa populernya kendama sampai diadakan turnamen lokal dan juga international. Tertarikkah kamu untuk memainkan mainan ini dan bahkan bisa menjadi seorang ahli dalam memainkan kendama? Mungkin kamu bisa mulai meminta teman-temanmu untuk memberi hadiah sebuah kendama saat kamu ulang tahun nanti! :p

Source : Rocket News 24
COMMENT