SHARE THIS ARTICLE

vocaloid4

Selama pengumuman suatu produk secara live streaming, Yamaha telah mengungkapkan bahwa VOCALOID4 akan hadir pada musim dingin tahun ini. Secara lebih khusus lagi, VOCALOID4 Editor dan VOCALOID4 Editor untuk Cubase, bersama dengan VY1V4, dijadwalkan akan dirilis akhir Desember, “bertepatan waktunya dengan Natal.” VOCALOID4 Editor untuk Cubase juga akan hadir dengan lisensi komplementer untuk Cubase AI sehingga para penggunanya dapat langsung menggunakan perangkat lunak tersebut.

VOCALOID4 akan membawa beberapa fitur baru, termasuk growl [jumlah growl (suara menggeram)/raspiness (suara serak/parau) dapat disesuaikan sebagai parameter waktu yang bervariasi], cross-synthesis [nyanyian dari penyanyi yang sama dalam bahasa yang sama dapat dicampur dengan lancar antara dua suara yang berbeda (misalnya antara suara normal dan suara bertenaga) dengan menggunakan parameter waktu yang bervariasi, selama "suara” khususnya telah disiapkan terlebih dahulu dengan dua suara], pitch rendering [m[menampilkan kurva pitch (tinggi rendah nada dalam suatu bunyian) yang efektif pada UI]an real-time input (misalnya melalui keyboard MIDI). Cross-synthesis, pitch rendering dan real-time input-nya juga didukung untuk berbagai bank VOCALOID3, dan berbagai bank VOCALOID2 dapat mendukung pitch rendering dan real-time input selama mereka telah diimpor ke VOCALOID3.

Siaran pers dari Yamaha menunjukkan bahwa VY1V4 akan memiliki empat suara –Normal, Soft, Power and Natural. Adapun untuk upgrade harganya, para pelanggan yang telah membeli versi VOCALOID3 Editor, VOCALOID Editor untuk Cubase atau VY1V3 memenuhi syarat untuk harga upgrade sebesar 5400 yen untuk produk-produk barunya. Mereka yang membeli software editor setelah tanggal 10 November juga memenuhi syarat untuk upgrade gratis hingga akhir Juni 2015. Mulai tanggal 21 November, juga akan ada sebuah kontes lagu di VOCALOID NET dengan VY1V4-Editor ditetapkan sebagai hadiah utamanya.

Source : vocaloidism.com
COMMENT