SHARE THIS ARTICLE

Bagi mereka yang sedang bekerja atau untuk anak-anak sekolah bento adalah hal yang penting. Namun walaupun menu dalam bento itu sendiri berbeda tiap harinya, kadang terasa membosankan untuk dilihat. Untuk itu, kini telah hadir teknologi terbaru dari Jepang yaitu printer 3D yang bisa menghiasi bento dengan gambar, yang akan membuat makan siang biasa menjadi sesuatu yang estetis dan lucu.

Wow! Printer 3D ini bisa menghiasi bento dengan gambar! (1) Seperti dikutip dari 3dprintingindustry.com, metode otomatis untuk membumbui kotak makan siang ini ditemukan oleh Yoshihiro Asano, seorang mahasiswa di Universitas Keiko. Dengan printer 3D ini, gambar-gambar yang terbuat dari furikake akan menghiasi nasi dalam kotak makan siang. Bento yang terlihat membosankan pun akan lebih berasa dengan bumbu furikake yang dapat diracik dari salmon, biji wijen, acar plum, atau bawang putih.

Stensil laser cut pernah digunakan oleh Yoshihiro sebelumnya untuk membuat makanan itu lebih menarik, tapi ternyata rumit. Yoshiro merancang mesin extruder khusus ini untuk Solidoodle dan menulis sebuah program dalam pengolahannya untuk menerapkan bumbu ke dalam kotak bento-nya hingga menjadi bentuk apapun yang ia suka. Ia mengaku terinspirasi oleh pencetakan pasta tepung beras dengan delta bot.

Seperti yang terlihat dalam video di atas, gambarnya dikonversi oleh perangkat lunak menjadi pola sederhana, yang kemudian memerintahkan Lunchbot cara menggambar furikake tersebut setelah mengubahnya menjadi G-code. Lunchbot akan mengeksekusi programnya setelah kotak nasi ditempatkan ke tempat pencetakan di printer-nya, dan robot ini dapat menunda pencetakan di tengah prosesnya jika Yoshihiro ingin mengganti bumbunya sesuai selera, sehingga memungkinkan makanan tersebut memiliki rasa yang berwarna-warni.

Wow! Printer 3D ini bisa menghiasi bento dengan gambar! (2)Bukan hal yang mudah untuk proses merancang furikake-nya sendiri. Kunjungi blog-nya di sini untuk menemukan rincian lengkapnya. Masa depan di mana makanan dapat disesuaikan sesuai selera pribadi telah diisyaratkan sejak kini walau Lunchbot ini masih merupakan prototipe, dan mungkin akan dibuat dalam jumlah banyak sesuai kebutuhan dan keinginan pasar. Berminat untuk memiliki printer 3D penghias bento ini?

Source : 3dprintingindustry.com
COMMENT