SHARE THIS ARTICLE

boxwood-lobster

Ryosuke Ohtake yang berusia 25 tahun adalah seorang pemahat yang baru-baru saja menjajal kemampuannya dalam “jizai okimono” – seni ukiran kayu hewan yang realistis dari Jepang, lengkap dengan sendi-sendi yang dapat digerakkan. Ia menciptakan seekor lobster yang hampir sempurna yang sepenuhnya terbuat dari kotak kayu. Patung itu begitu mirip aslinya hingga saat diangkat, capit, kaki dan ekornya bergerak sama seperti gerakan seekor lobster hidup.

Sebuah klip video berdurasi 3 menit di bawah ini menunjukkan bagaimana Ohtake mengerjakan karyanya dengan menggunakan berbagai alat pahat. Dalam video tersebut, ia mengangkat karyanya yang telah selesai dikerjakan dan menunjukkan bagaimana tiap bagian bergerak. Detilnya benar-benar membuat kita terkesima.

boxwood-lobster2

Yang benar-benar mengejutkan adalah bahwa proyek ini adalah percobaan resmi pertama Ohtake di jizai okimono, yang dianggap sebagai suatu seni yang sangat rumit. Seni itu sendiri pertama muncul di akhir Periode Edo di akhir tahun 1700-an, di mana para ahli logam jadi memiliki banyak waktu luang karena penurunan permintaan akan peralatan dan baju perang. Jadi mereka menggunakan keterampilan mereka untuk membuat binatang dari logam yang mirip dengan binatang hidup seperti burung, ikan, ular dan serangga.

boxwood-lobster3

Selama bertahun-tahun, lobster telah dianggap sebagai bentuk yang paling sulit dan menantang untuk dikuasai. Jadi ini merupakan suatu prestasi yang cukup menakjubkan bagi Ohtake yang telah mencapai kesempurnaan karya pada percobaan pertama. Tentu saja, ia menggunakan kayu sebagai pengganti media logam tradisional, tapi tetap saja menakjubkan. Lobster karya Ohtake itu ditampilkan di sebuah pameran patung kayu di Tokyu Department Store in Tokyo, sepanjang bulan April.

boxwood-lobster4

Ini mungkin merupakan proyek jizai okimono pertamanya, tetapi Ohtake telah banyak mengerjakan pahatan kayu lainnya dengan detil yang sangat rumit. Silakan kunjungi halaman Facebook miliknya untuk melihat karya-karya lainnya.

boxwood-lobster5

boxwood-lobster6

Source : ODDITY CENTRAL
COMMENT