SHARE THIS ARTICLE

Wow! Jepang mengubah lapangan golf yang terlantar menjadi ladang pembangkit tenaga surya! (1)Setelah bencana Fukushima tahun 2011, Jepang sedang berusaha mengubah banyak lahan yang terlantar menjadi ladang panel surya untuk meningkatkan produksi energi terbarukan. Banyak lapangan golf yang muncul dan menyebar di seluruh Jepang selama era gelembung ekonomi (economic bubble), namun banyak yang tidak mampu bersaing karena biaya yang besar ketika era tersebut telah berlalu. Akibatnya, banyak lapangan golf yang terlantar, tapi perusahaan energi terbarukan melihat potensi tersebut sebagai sumber energi.

Seperti dilansir dari independent.co.uk, pekan lalu perusahaan multinasional Kyocera mengumumkan bahwa mereka telah mulai membangun bekas lapangan golf di prefektur Kyoto menjadi ‘ladang pembangkit tenaga surya’ 23-megawatt. Ladang pembangkit tenaga surya ini akan mulai beroperasi pada bulan September 2017, dan setiap tahunnya akan menghasilkan 26.312 megawatt hour, yang cukup mengalirkan listrik untuk sekitar 8.100 rumah di daerah tersebut.

Di lapangan golf terlantar lainnya di prefektur Kagoshima, Kyocera dan perusahaan lain juga mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya yang lebih besar, yang akan dibuka pada tahun 2018, dan akan menghasilkan kekuatan hampir empat kali lebih banyak seperti pendahulunya. Di Jepang, ada ratusan tempat serupa karena pengembangan lapangan golf yang berlebihan di masa lalu. Karena ukuran dan kurangnya naungan membuat berbagai lapangan golf ini cocok untuk dijadikan ladang pembangkit tenaga surya, walau banyak juga yang diubah menjadi perumahan dan taman.

Source : independent.co.uk
COMMENT