SHARE THIS ARTICLE

Berkali-kali warga Tokyo, Jepang kehilangan gantungan baju alias hanger yang ditaruh di belakang rumah. Selidik punya selidik, hanger-hanger itu ternyata dijadikan bahan membangun sarang oleh burung yang hidup di sekitar rumah itu!

coat-hanger-nest-crow (1)

Ibarat kata pepatah, tak ada rotan akar pun jadi, burung itu rupanya tak kekurangan cara di tengah susahnya menemukan ranting dan bahan alami untuk membuat sarang. Burung gagak itu, sebagaimana dilaporkan odditycentral.com, memanfaatkan hanger untuk membangun sarang-sarang yang ditemukan di sekitar Tokyo.

coat-hanger-nest-crow (2)

Mungkin karena sulit menemukan ranting di daerah padat penduduk tersebut, burung gagak melirik benda-benda di sekitarnya yang dapat dimanfaatkan. Pilihan pun jatuh pada hanger dan kawat. Karena dibangun dengan dengan bahan yang kuat, struktur sarang pun jadi lebih kuat.

coat-hanger-nest-crow (3)

Burung-burung itu menyusun rapi sejumlah hanger yang mereka dapatkan dari lingkungan sekitar dan memadukannya dengan bahan alami. Seorang blogger mengirim foto-foto menakjubkan sarang burung itu pada 2005 lalu. Misteri hilangnya sejumlah gantungan di halaman belakang rumahnya pun terpecahkan.

coat-hanger-nest-crow (4)

Tak cuma di pohon, gagak kadang membangun sarang kuatnya itu pada saluran listrik yang dapat menyebabkan pemadaman listrik, terutama selama musim kawin. Untuk itu perusahaan listrik Kyushu mengadakan patroli guna mencari dan memusnahkan sarang dari hanger pada jaringan listrik mereka.

Sources :
COMMENT