SHARE THIS ARTICLE

Cardboard Gundam

Para pelajar SMA dari Sekolah Tinggi Teknik Higashiyodo di Osaka, Jepang telah merakit tiga Gundam dari kardus setinggi 4,5 meter. Robot-robot raksasa tersebut meninggalkan kampus sekolah mereka untuk suatu pameran di pusat kota Osaka pada tanggal 10-11 Oktober.

Ide ini diimpikan pada tahun 2011 oleh guru kelas pertama teknik listrik, Yukiko Kamamoto, ketika ia berencana bagaimana cara terbaik untuk menghabiskan anggaran sebesar 20.000 yen (US$ 184) untuk festival budaya yang akan datang di sekolahnya. Sementara meneliti berbagai ide, ia melintasi SMA Shiogama di Prefektur Miyagi dan proyek Gundam kardus mereka sebelumnya.

Meski demikian proyek SMA Shiogama menemui nasib yang menyedihkan. Proyek ini dirancang oleh instruktur bernama Susumu Ogawa pada tahun 2001 untuk mengajarkan pada para pelajar cara pembuatan proyek dalam kelompok. Para pelajar di Shiogama menciptakan cetak biru untuk robot kardus mereka setinggi tiga meter, yang akhirnya menciptakan 10 varietas yang berbeda selama tahun 2010. Setelah bencana gempa Great Eastern Japan Earthquake, proyek ini dihentikan ketika sekolah itu ditutup. Waktu yang hilang telah menunda proyek tersebut dan proyek itu ditangguhkan.

Kamamoto menghubungi Ogawa dan meminta saran untuk menciptakan robot kardus untuk festival dan proyek yang telah selesai itu memenangkan penghargaan unggulan di festival itu. Anehnya, ketenarannya tidak berhenti di situ. Robot raksasa ini telah menginspirasi teman-teman sekelasnya untuk memperbaiki desainnya dan kelas-kelas lainnya menambahkan mata yang berkilauan, senjata, dan kepala yang dapat berputar. Sebanyak 11 robot telah diciptakan di Higashiyodo Tech sejak tahun 2011.

Sekolah tersebut telah mendaftar untuk acara seni Osaka Canvas 2014 dan bersama dengan lima pendaftar lainnya.

Source : animenewsnetwork.com
COMMENT