SHARE THIS ARTICLE
Hiroshima (photo: j-hoppers.japanhostel.net)
Hiroshima (photo: j-hoppers.japanhostel.net)

Jepang memang surganya makanan enak. Mulai yang digoreng, dibakar, direbus hingga dikukus. Semuanya enak. Hehehehe… Makanya, tidak heran para wisatawan yang habis bepergian di Jepang, mendadak naik timbangan badannya sehabis bepergian ke negara itu. Sebab, di semua tempat tidak ada makanan yang tidak enak. Wisata kuliner Hiroshima akan membuat Anda merasakan makanan yang lain dari yang lain. Kota yang sarat sejarah ini ternyata menyimpan rahasia dalam bidang kuliner. Penasaran? Yuk kita telusuri apa saja yang bisa kita coba cicipi di sana. Kapan lagi bisa merasakan kuliner khas Jepang Barat yang terkenal dengan rasanya yang unik. Pastinya, Anda tidak akan menyesal mencoba masakan enak yang ada di sana.

okonomiyaki (photo: upload.wikimedia.org)
okonomiyaki (photo: upload.wikimedia.org)

Kuliner khas Hiroshima yang harus dicoba adalah okonomiyaki. Ya, untuk makanan yang satu ini, jagoannya adalah Kota Osaka dan Hiroshima. Okonomiyaki khas Hiroshima memiliki topping yang berbeda. Yaitu mi goreng yakisoba dan udon. Tidak sulit kok menemukan tempat yang menjual okonomiyaki. Mulai dari kawasan pedagang kaki lima hingga ke restoran, semua bisa diadu rasanya. Cobalah datang ke kawasan kaki lima okonomiyakimura. Kawasan ini sudah termasuk kawasan legendaris loh. Sudah ada sejak tahun 1950-an. Pada awalnya, okonomiyaki gaya Hiroshima mencontoh bentuk kyabetsuyaki dan menggunakan potongan daun bawang yang banyak. Selain gaya itu, dikenal juga okonomiyaki gaya lawas dengan isian telur goreng.

Bahan okonomiyaki (photo: 1tess.files.wordpress.com)
Bahan okonomiyaki (photo: 1tess.files.wordpress.com)

Saat ini, okonomiyaki sudah menjadi ciri khas kota Hiroshima. Selain isi dan topping yang menggugah selera, saus yang dipakai pun menambah citarasa. Bayangkan okonomiyaki yang masih hangat diguyur saus berwarna cokelat yang gurih dan lezat. Sudah begitu ditaburi irisan daun bawang dan ikan kering super tipis. Yang istimewa adalah, Anda pun bisa meminta topping sesuai dengan keinginan Anda. Mulai dari rumput laut, keju hingga sayuran segar lainnya. Wah, siap-siap saja menghabiskan berpiring-piring okonomiyaki. Memang tidak rugi. Apalagi makannya didampingi dengan segelas teh hangat. Untuk yang non muslim, paling enak menyantap okonomiyaki dengan sake atau bir dingin.

Okonomiyaki Resto (photo: rupalideantraveller.blogspot.com)
Okonomiyaki Resto (photo: rupalideantraveller.blogspot.com)

Okonomiyaki Hiroshima lebih padat karena selain kol, juga diisi dengan mie, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Jadi, siapkan perut kosong kalau tidak ingin kekenyangan. Harga okonomiyaki memang lumayan mahal. Namun, jangan khawatir. Dengan harga itu, Anda sudah bisa menikmati okonomiyaki berisi daging. Di suatu restoran okonomiyaki, ada sesuatu yang unik. Karena tempatnya yang tidak terlalu besar, barang pengunjung disimpan di baskom plastik yang disediakan di bawah tempat duduk. Hal ini untuk menghemat tempat duduk, sehingga tas tidak ikut duduk di kursi. Hebat ya. Hal kecil seperti ini sampai dipikirkan juga oleh restoran di Jepang. Tentunya, biar pengunjung bisa menikmati okonomiyaki tanpa terganggu. Selamat Mencoba.

Source : pengenliburan.com
COMMENT