SHARE THIS ARTICLE

3a omotenashi-kimono-experience-japan-try-tradition-clothes-1

Kalian ingin mengenakan kimono saat berada di Tokyo? Pakaian yang tak lekang oleh jaman ini memang bukanlah benda yang murah, namun justru karena itulah tempat penyewaan kimono eksis. Kalian dapat mengenakan kimono untuk waktu singkat tanpa perlu mengeluarkan uang yang banyak. Tambahan lainnya, dengan menyewa kimono kalian akan mendapat bantuan untuk mengenakan kimono -sesuatu yang bukan perkara mudah bagi pemula-.

3b omotenashi-kimono-experience-japan-try-tradition-clothes-2

Kimono merupakan pakaian tradisional Jepang. Walaupun mereka tidak biasa dikenakan dalam kehidupan sehari-hari, mereka masih sering digunakan oleh wanita, dan terkadang juga pria, untuk menghadiri berbagai festival dan keperluan istimewa lainnya. Kimono tradisional terbuat dari sutra, walaupun kini ada pilihan yang terjangkau dengan bahan kain yang lebih murah. Kimono membungkus tubuh dengan cara tertentu; bagian kiri menutupi bagian kanan, tingginya dapat diatur sesuai tinggi badan, dan diikat dengan sebuah obi. Ada cara-cara tertentu untuk membuat kimono tetap pada tempatnya dan juga cara mengikat bagian belakangnya. Intinya, kimono merupakan aspek yang indah dalm kebudayaan Jepang dan menyenangkan untuk dicoba.

Jika kalian ingin mencoba mengenakan kimono dengan harga murah, Omotenashi Kimono Experience yang dikelola oleh Nihonbashi Information Center, merupakan salah satu solusi yang masuk akal. Biaya 5500 yen mungkin bukan sesuatu yang termurah yang bisa kalian lakukan di Tokyo, namun ini merupakan sebuah harga yang ekonomis mengingat jasa apa saja yang ditawarkan.

Kalian akan mulai dengan memilih motif favorit kalian dan warna kimono yang diinginkan dari koleksi yang tersedia, dan mencocokkannya dengan obi pilihan kalian. Kemudian kalian akan pindah ke ruangan kedua dimana para staff akan membantu memasangkan kimono (yang pastinya akan sulit dipasang oleh mereka yang baru pertama kali mengenakan kimono). Disarankan kalian membawa pakaian dalaman sendiri karena ada biaya tersendiri jika kalian menyewa pakaian dalaman. Seluruh proses mengenakan kimono ini membutuhkan waktu kira-kira 20 menit.

3c omotenashi-kimono-experience-japan-try-tradition-clothes-3

Setelah kalian mengenakan kimono, kalian dapat berfoto di ruangan ber-tatami. Akan ada payung khas Jepang yang bisa kalian gunakan untuk melengkapi pose. Setelah kalian mengambil foto di dalam ruang, kalian memilih zori (sepatu tradisional yang dikenakan bersama kimono) yang dilengkapi dengan tabi putih (kaos kaki tradisional yang membagi ibu jari kaki dengan jari lainnya) dan berjalan-jalan. Sementara kalian memamerkan kimono kalian, kalian dapat menyimpan barang-barang bawaan di dalam tas di tempat penyewaan dan mereka akan menjaga tas kalian hingga kalian kembali.

3d omotenashi-kimono-experience-japan-try-tradition-clothes-4

Pengalaman ber-kimono ini bisa dilengkapi dengan pemandu wisata yang disediakan oleh Nihonbashi Information Center, namun jika kalian hanya ingin menoba pengalaman ber-kimono saja, kalian bebas berkeliling kemanapun hingga pukul 6 sore. Jika kalian mulai dari jam makan siang, kalian akan memiliki waktu yang cukup untuk menjelajah berbagai obyek wisata menarik, dan salah satu yang direkomendasikan adalah daerah Asakusa.

3e omotenashi-kimono-experience-japan-try-tradition-clothes-5

Layanan sewa kimono ini hanya tersedia pada hari Kamis dan Sabtu mulai pukul 10.30-15.30 (dengan waktu maksimal pengembalian adalah pukul 18.00), dan salah satu langkah terbaik adalah dengan langsung mem-booking-nya begitu ada kesempatan. Kalian dapat melakukannya secara online jika kalian ingin melakukan pengalaman ber-kimono ini bersama teman atau keluarga.

3f omotenashi-kimono-experience-japan-try-tradition-clothes-6

Omotenashi Kimono Experience ini bisa ditemukan di Kyorakutei Room di lantai 3 COREDO Muromachi 3, yang mudah diakses dari Stasiun Mitsukoshimae dan Stasiun Nihonbashi. Pusat informasi terletak di lantai basement dari bangunan yang sama, dan para staff dapat memberi masukan apa yang bisa dilihat di area tersebut. Kalian juga dapat merasakan pengalaman ala geisha (namun make up putih ala geisha tidak termasuk dalam paket regular) dan menghadiri upacara minum teh untuk biaya tambahan.

3g omotenashi-kimono-experience-japan-try-tradition-clothes-7

Source : JapanTrends
COMMENT