SHARE THIS ARTICLE
Foto: RocketNews24
Foto: RocketNews24

Sushi biasanya berupa sekepal kecil nasi diberi topping irisan fillet ikan mentah. Sushi yang satu ini berbeda. Nasi sushi ditutup dengan satu ekor ikan utuh lengkap dengan kepala dan ekornya. Kira-kira seperti apa ya rasanya?

Seperti yang dilansir di Rocket News 24, ada sushi unik yang ditawarkan oleh sushi ekiben. Eki ben merupakan gerai makanan yang ada di hampir setiap stasiun di Jepang. Masing-masing punya racikan bento box (lunch box) dengan racikan yang berbeda. Termasuk sushi yang beragam jenis.

Sushi ini dijual di sebuah stasiun di perfektur Kochi, Jepang. Sushi ini tampak unik. Karena ikan yang jadi topping-nya bukan berupa irisan fillet ikan tetapi ikan utuh. Ikan yang digunakan untuk membuat sushi ini adalah ikan bernama aji, atau mackarel Spanyol yang mirip ikan kembung.

Di Jepang, biasanya ikan aji ini disajikan dalam bentuk digoreng atau dibakar. Sushi ikan kembung ini hanya diberi garam, gula, cuka, dan biji wijen sebagai bumbunya. Ikan segar dibelah dua, dibuang tulang dan isi perutnya lalu dipotong-potong dan dibentangkan di atas nasi sushi. Lengkap dengan ekor dan kepalanya.

Sushi ikan aji ini disajikan juga bersama potongan gari (acar jahe) dan irisan grapefruit kemudian dikemas dalam seperti layaknya sushi siap santap. Satu paket sushi ikan aji ini ternyata juga dijual sekitar 300 Yen (Rp 33.600) saja. Banyak orang menyukai sushi ikan utuh ini sebagai menu makan siang.

Source : food.detik.com
COMMENT