SHARE THIS ARTICLE
Sepasang turis berfoto di hutan bambu di Kyoto, Jepang, pada bulan Mei. (Bloomberg News)
Sepasang turis berfoto di hutan bambu di Kyoto, Jepang, pada bulan Mei. (Bloomberg News)

Pembangkit tenaga listrik pertama di dunia yang akan menggunakan bambu sebagai sumber utama bahan bakarnya akan dibuka di Jepang menurut perusahaan Fujisaki Electric Co. yang berbasis di Prefektur Tokushima di barat Jepang. Pembangkit tenaga listrik tersebut akan dapat menghasilkan 15,8 juta kilowatt per tahun ucap perusahaan tersebut, yang akan cukup menyediakan listrik untuk 4.860 rumah tangga sepanjang tahun. Pembangkit tenaga listrik ini akan menggunakan bambu lokal.

Seperti dilansir dari wsj.com, dengan beberapa spesiesnya dapat tumbuh hingga 91 cm per hari, bambu telah disertifikasi oleh Guinness World Records sebagai tanaman yang tumbuh paling cepat di dunia. Namun ketika dibakar, tanaman ini mengandung kadar tinggi kalium dan komponen lain yang mengubahnya menjadi gumpalan padat yang menempel ke tungkunya. Fujisaki Electric lalu berpaling pada Lambion Energy Solutions GmbH, yang berbasis di Bad Arolsen di Jerman karena mereka tidak bisa menemukan produsen dalam negeri Jepang yang bisa memecahkan masalah tersebut.

Untuk mendirikan pembangkit tenaga listrik tersebut di prefektur Yamaguchi, di barat Jepang, Fujisaki Electric akan menghabiskan biaya total sebesar 2,4 milyar yen. Pembangunannya diharapkan akan dimulai pada bulan Januari dan dapat beroperasi setahun kemudian.

Source : wsj.com
COMMENT