SHARE THIS ARTICLE
Sebidang tanah telah muncul di kota Rausu di pulau Hokkaido
Sebidang tanah telah muncul di kota Rausu di pulau Hokkaido

Garis pantai baru sepanjang 300 meter telah muncul dari laut, yang naik hingga mencapai ketinggian 10 meter di beberapa tempat, hingga menambah ukuran luas Jepang. Perluasan tanah ini terjadi di dekat kota Rausu di pulau Hokkaido di ujung utara Jepang.

Seperti dilansir dari news.sky.com, awalnya kemunculan garis pantai tambahan yang sebelumnya merupakan bagian dasar laut ini telah memicu kekhawatiran bahwa gempa bumi yang besar akan muncul dalam waktu dekat, yang mirip dengan gempa 9,0 skala Richter dan tsunami pada bulan Maret 2011, yang telah menewaskan hampir 16.000 orang dan membocorkan radioaktof di pembangkit tenaga nuklir di Fukushima.

Para ahli geologi percaya bahwa fenomena itu mungkin akibat dari longsor di dekatnya, yang disebabkan oleh pencairan es dan salju, yang memutar tanah yang terendam hingga naik ke atas permukaan laut. “Sebuah survei udara menunjukkan bahwa tanah yang naik tersebut terjadi sebagai akibat dari tanah longsor,” ujar peneliti bernama Yoshinori Yajima kepada media setempat. “Menurut pemahaman kami ini berbeda dari gempa bumi,” kata seorang pejabat di pemerintah pusat setempat.

Tempat di mana terjadi perluasan tanah di Jepang bukan hanya di Rausu saja, baru-baru ini di 620 mil di selatan Tokyo muncul sebuah pulau dari laut dan terus tumbuh sebagai gunung berapi di pusatnya yang mengeluarkan magma. Pulau tersebut pada bulan Februari berukuran sekitar satu mil persegi.

Source : news.sky.com
COMMENT