SHARE THIS ARTICLE

Mouse Komputer Canggih Pendeteksi Stres 1

Tuntutan pekerjaan yang tinggi di Jepang membuat banyak orang mengalami stres yang kemudian berdampak pada kesehatan mereka. Untuk mengukur hal tersebut sebuah perusahaan elektronik di Jepang sedang mengembangkan sebuah mouse komputer canggih yang dapat mendeteksi tingkat stres dalam diri seseorang saat menggunakannya.

Perangkat yang diperkenalkan oleh Alps Electric Co Ltd pada Medtec Japan 2016 di Tokyo Big Sight (20-22/04) ini mampu mendeteksi tingkat stres berkat sensor spektroskopik inframerah. Saat disentuh sensor tersebut langsung mendeteksi tingkat hemoglobin yang terdapat pada tubuh pemakai. Kadar hemoglobin inilah yang menunjukkan tingkat anemia, kepekatan oksigen, tekanan darah dan temperatur yang mampu menunjukkan tingkat stres seseorang.

Sensor yang merupakan pengembangan dari versi pertamanya di Medtec Japan tahun lalu ini telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal akurasi. Alps Electric berencana menyelesaikan pengembangan sensor tersebut di tahun ini dan mulai memasarkan sampelnya pada musim semi 2017.

Ada yang berminat untuk mencobanya?

Source : Japan Bullet
COMMENT