SHARE THIS ARTICLE

1735149gajah-jepang780x390

SELAIN anjing, gajah juga dikenal sebagai hewan yang pintar dan mudah dilatih untuk beratraksi. Seperti aksi seekor gajah India di Jepang yang pintar menulis huruf kanji.

Dengan kuas (fude) khusus menulis indah dalam sebuah atraksi di Jepang, seekor menuliskan karakter kanji yang berarti “Senyum” dengan garisan yang baik seperti tulisan manusia yang sudah mahir menulis kanji. Kemahiran itu diperlihatkan di kebun binatang Kobe Jepang.

Bahasa Jepang seperti diketahui menggunakan tiga karakter sekaligus yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Seekor gajah berusia 7 tahun yang ada di kota Ichihara perfektur Chiba berbatasan dengan Tokyo ini, pintar menulis kanji dengan belalainya sendiri tanpa bantuan manusia. Sebelumnya tanggal 20 Desember lalu, gajah itu sempat memperagakan kebolehannya di hadapan ratusan pengunjung di sebuah taman Zou no Kuni Ichihara.

Seekor gajah yang berasal dari India dimasukkan ke kebun binatang Kobe pada 2011. Lalu dipindahkan ke Ichihara dan tahun 2013 melahirkan gajah wanita dengan nama Ririka. Sementara tahun 2014 juga lahir gajah lelaki dengan nama Zuze. Mereka dibesarkan oleh ibunya bernama Puri yang kini sudah pintar menuliskan karakter kanji tersebut.

Ketiga gajah ini diajarkan menuliskan kata “Senyum” agar tahun 2015 ini diharapkan bisa menyebarkan senyum kepada masyarakat Jepang, menciptakan kehidupan lebih bahagia lagi. Terpilih kata “Senyum” ini dari 523 usulan untuk kata terbaik bagi tahun 2015 ini.

Seorang anak yang berusia 6 tahun bernama Yui Kurihara cukup kaget melihat gajah bisa menuliskan karakter kanji tersebut, “Saya senang sekali tetapi sekaligus kaget juga gajah ternyata bisa menuliskan kanji,” paparnya.

Selain karakter kanji Senyum, gajah itu juga bisa menuliskan krakter kanji yang lainnya. Pertunjukan di Ichihara tersebut setiap hari dua kali yaitu jam 11:00 dan jam 14:30 waktu Tokyo.

Lokasinya dekat Takataki Station. Dari stasiun kereta api itu ada bus gratis ke kebun binatang “Zou no kuni” tersebut. Dibuka dari jam 9 pagi hinggal 5 sore dengan harga tiket 1800 yen per orang dewasa dan 900 yen untuk pelajar anak-anak sampai dengan lulus SD. Bayi sampai dengan usia 2 tahun gratis. Usia 65 tahun ke atas 1440 yen. Tiap hari Kamis libur.

Source : travel.kompas
COMMENT