SHARE THIS ARTICLE

doraemon temple (1)

Para pengunjung sebuah kuil Buddha berumur 700 tahun di Thailand mungkin akan menemukan sesuatu yang tidak biasa, yaitu robot kucing biru dari masa depan. Ya, karakter anime bernama Doraemon ada di kuil itu. Kuil Wat Sampa Siw yang menampilkan lukisan karakter anime Doraemon telah diperkenalkan hari ini oleh website Jepang, Gigazine. Seperti yang Bangkok Post laporkan sebelumnya, beberapa orang tidak senang dengan adanya kucing anime ini yang tentu saja bukan motif tradisional Buddha.

doraemon temple (2)
Photo: Gigazine
doraemon temple (3)
Photo: Gigazine

Seniman bernama Rakkiat Lertjitsakul, yang melukis mural tersebut, mengatakan kepada surat kabar itu, “Ini untuk mengekspresikan rasa humor saya. Ketika suasana hati saya sedang senang, saya melukis Doraemon pada mural itu.”

doraemon temple (4)
Photo: CCTV
doraemon temple (5)
Photo: Gigazine
doraemon temple (6)
Photo: Gigazine

Setelah mural itu rusak saat banjir, Lertjitsakul dibawa untuk melakukan perbaikannya.

Sang seniman itu diizinkan untuk melukis apa yang diinginkannya selama karyanya mengajarkan moral Buddha ujar perwakilan dari kuil itu seperti yang dikutip oleh Coconuts Bangkok.

Namun, CNTV melaporkan bahwa para biksu tidak tahu jika kucing robot itu akan tertera pada mural tersebut.

Biksu Pladkantaphat Kittimetee mengatakan kepada CNTV, “Kami pikir itu indah dan tidak ingin menghapusnya. Lagipula, telah menarik banyak anak-anak dan orang muda.”

doraemon temple (7)
Photo: CCTV

Sejak masih kecil, Lertjitsakul telah menjadi penggemar Doraemon. Karakter Doraemon ini tidak begitu terlihat, kecuali jika kalian benar-benar mencarinya. Meski demikian, di luar kuil ini terdapat patung Doraemon yang terlihat dengan jelas.

doraemon temple (8)

Seniman tersebut menjelaskan, “Gambar-gambar Doraemon ini harus menarik anak-anak ke kuil ini. Pada awalnya, mereka mungkin datang untuk melihat gambarnya tapi setelah mereka berada di sini, mereka akan tenggelam dalam sesuatu yang berbudi luhur.”

Kuil ini juga tampaknya terbuka terhadap budaya populer modern karena juga menampilkan berbagai karakter Angry Birds.

doraemon temple (9)
Photo: CCTV
Source : kotaku.com
COMMENT