SHARE THIS ARTICLE

Entah sejak kapan, yang pasti Jepang memang begitu dikenal sebagai salah satu negara dengan trend fashion dan makeup yang berpengaruh besar di seluruh dunia. Nggak sedikit orang yang hobi cosplay, menggunakan makeup Gyaru, Harajuku Style sampai Visual Kei sekalipun berada di luar Jepang.

Dan, salah satu trend fashion dan makeup mereka yang terkenal adalah Visual Kei. Bahkan cukup banyak juga penggemar budaya Jepang di Indonesia yang senang menggunakan gaya ini. Memang apasih itu?

Visual Kei merupakan trend fashion dan makeup Jepang yang dimulai sekitar tahun 80-90an. Konsep dari makeup ini sendiri digawangi oleh musisi Jepang yang mayoritas adalah cowok yang mengenakan kostum-kostum unik dan riasan yang bold banget. Sampai-sampai penampilan mereka menjadi makin berkarakter, dan kadang bikin mereka jadi cantik.

Konsep makeup dan fashion Visual Kei masih digemari sampai hari ini. Dan nggak cuma masyarakat di Jepang, Indonesia dan berbagai negara seperti Singapura sampai Eropa pun banyak yang menggunakan konsep Visual Kei. Beberapa orang menjadikannya sebagai makeup occasional sesuai kebutuhan, tapi ada juga yang menjadikannya gaya hidup.

1. Kostum Visual Kei

©la carmina
©la carmina

Sejauh ini, Visual Kei Jepang memiliki berbagai kostum yang beragam. Ada yang bentuknya lovely dan colorful seperti lolita style ala bangsawan sampai yang terkesan dark dan gothic. Biasanya para musisi band Jepang akan menentukan kostum sesuai tema musik mereka.

Misalnya, mereka yang memiliki musik dengan sentuhan Eropa klasik, maka umumnya akan memilih kostum dengan detail elegan. Mereka mungkin akan mengenakan gaun dengan renda atau tuxedo yang eksentrik. Ada yang berperan sebagai si gelap dan ada yang berperan sebagai si cantik dan periang. Yang pasti, meskipun mereka cowok, mereka nggak akan tabu mengenakan pakaian girly.

Sedangkan buat mereka yang memiliki musik dengan lirik penuh pemberontakan, biasanya mengenakan kostum yang lebih terkesan rebel ala rocker pada umumnya. Di antaranya menggunakan jaket kulit dengan detail spike, pakaian asimetris dan tabrak lari, aksesoris dengan nuansa silver sampai sepatu pantofel dengan ujung meruncing yang khas.

2. Makeup Visual Kei

2c makeup-visual-kei-fef8d0e
©mookychick.co.uk

Inilah yang bikin Visual Kei jadi istimewa. Dengan kekuatan makeup dan hairdo mampu menyulap wajah-wajah cowok ganteng Jepang ini menjadi keren bahkan nyaris cantik. Makeup mereka kebanyakan sangat tebal dengan riasan smokey eyes yang dramatis.

Mereka pun nggak ragu mengenakan lipstik warna gelap seperti hitam, ungu ataupun biru. Nggak cuma itu, pemuda-pemuda Jepang ini juga mencukur alis mereka sehingga nampak rapi dan membuat mata mereka lebih berkarakter layaknya tokoh dalam anime.

Selain makeup, hairdo juga sangat berperan untuk penampilan ini. Jangan heran kalau sering menemukan pilihan model rambut ala Japanese Style di berbagai salon.

Kebanyakan penggemar Visual Kei akan mewarnai dan meng-highlight rambut mereka, kemudian memotong rambut secara asimetris atau menggunakan wig. Untuk efek rambut yang mekar, mereka menyasak rambut biar terlihat lebih tinggi dan bervolume.

3. Disukai Pria Dan Wanita

©visualkeiheaven.us
©visualkeiheaven.us

Nggak cuma cowok, cewek pun nggak sedikit yang mencoba gaya ini. Visual Kei memang sangat menyenangkan untuk membuat kita belajar bereksperimen dengan makeup dan fashion. Tapi tentu harus disesuaikan dengan kepribadianmu juga.

Visual Kei nggak kalah populer dengan budaya cosplay, Harajuku Style dan sejenisnya. Tapi kalau kamu ingin melihat orang-orang yang berdandan ala Visual Kei, nggak perlu jauh-jauh ke Jepang. Coba datang ke event Jepang terdekat di kotamu.

Event bunkasai dan panggung musik serta budaya Jepang kini sudah mulai marak di Indonesia. Di sana, kamu pasti menemukan satu dua orang yang berpenampilan ala Visual Kei. Atau, Teman CLEAR sendiri berminat mencoba gayanya?

Source : clear
COMMENT