SHARE THIS ARTICLE

Seratus tahun telah berlalu sejak pembukaan stasiun Tokyo. Bagi banyak orang, tempat ini lebih dari sekedar stasiun, tempat ini merupakan simbol dari kota tersebut dan sumber kehidupan bagi orang-orang yang tinggal di dalam dan di sekitar tempat tersebut.

Dengan hampir semua orang yang tinggal di ibukota Jepang melewati tempat ini, cepat atau lambat, stasiun Tokyo menjadi latar bagi banyak memori masa lalu, belum lagi banyak peristiwa yang mengubah hidup bagi para pekerja dan wisatawan. Jadi cocok sekali jika anime yang dibuat untuk memperingati ulang tahun stasiun Tokyo yang ke-100 dipenuhi dengan tampilan menenangkan di masa lalu dan harapan untuk masa depan.

tr-8

Ditugaskan oleh komplek Tokyo Station City, toko-toko, tempat-tempat makan, dan tempat hiburan yang terkait dengan stasiun tersebut, video berdurasi lima menit tersebut dibuat oleh A-1 Pictures, yang telah terlibat dalam pembuatan film terkenal seperti Big Windup!, Black Butler, Fairy Tail, Blue Exorcist, dan Sword Art Online.

tr-1

Dengan judul Passage of Time – Tokyo Station-, meskipun bahasa kanjinya juga bisa diartikan sebagai Through the Seasons, fokus utama dari video berdurasi lima menit ini adalah pada seorang wanita bernama Misaki, yang diisi suaranya oleh Seiko Yoshida.

Saat anime-nya dimulai, kamu bisa melihat Misaki yang masuk ke kereta yang menuju stasiun Tokyo. Di tangannya terdapat jam saku milik almarhum ayahnya, yang pernah bekerja di stasiun, sama seperti kakeknya Misaki.

tr-3 tr-2

Misaki menceritakan kerenggangan antara dia dan ayahnya, yang keduanya tidak mampu perbaiki sebelum ayahnya meninggal. Jam sakunya sudah rusak selama bertahun-tahun, tapi Misaki tetap bertekad untuk memperbaikinya, mungkin sebagai salah satu cara untuk memperbaiki hubungannya dengan ayahnya yang sudah meninggal.

tr-4

Sayangnya, Misaki diberitahu bahwa bengkel jam yang biasa ayahnya datangi bangkrut, yang mana membuatnya berlarian di sekitar area tersebut untuk mencari tempat lain yang bisa memperbaiki jam sakunya.

tr-5

Akhirnya, berkat takdir, Misaki menemukan apa yang dia cari, ditambah beberapa hal lain.

tr-6

Selain versi bahasa Inggris, anime ini juga bisa ditonton dengan terjemahan bahasa China tradisional dan Thailand, karena China dan Thailand mengirim pengunjung ke Jepang dengan jumlah yang terus meningkat. Juga tersedia versi yang tidak diterjemahkan.

Pencarian Misaki ditemani dengan lagu balada oleh penyanyi Yu Sakai. Seperti cerita di anime ini, lagunya sendiri juga sedikit sedih, namun sebagian besar menenangkan dan menyemangati, ditambah dengan sebuah pengingat bahwa sesibuk apapun kita dengan kehidupan keseharian kita, kita sering terhubung dengan satu sama lain lebih dari yang kita kira.

tr-7

COMMENT