SHARE THIS ARTICLE

Pada musim gugur 2014 ini tercatat kurang lebih ada 50 anime baru yang tayang di Jepang. Dengan begitu banyaknya lagu (dan video) pembuka dan penutup dari masing-masing anime tersebut untuk dinikmati, pastinya ada beberapa yang menjadi favorit kalian; entah karena lagunya yang bagus, opening/ending-nya yang menarik, dan lain sebagainya.

Richard Eisenbeis dari Kotaku (5/12) membuat daftar 10 opening dan ending anime musim gugur 2014 yang menurutnya paling menarik lengkap beserta alasannya. Coba lihat daftarnya berikut ini, apakah kalian setuju dengan pilihannya?

Anime: Your Lie in April
Lagu: “Hikaru Nara”
Artis: Goose House
Alasan: Opening anime ini tak hanya menjadi opening yang paling cerah dan berwarna untuk musim ini, namun juga karena didukung oleh lagu yang menarik. Sangat jarang untuk memiliki vokalis pria dan wanita dalam grup yang sama, namun juga karena mereka dapat bernyanyi bersama dan menciptakan sebuah chorus yang kuat dan menakjubkan.

Anime: Sword Art Online II
Lagu: “courage”
Artis: Haruka Tomatsu
Alasan: Lagu pembukanya dimulai dari ballad yang cute dan berkembang menjadi chorus yang kuat. Visualnya menampilkan dengan tepat para karakter dan petualangan yang dilalui dalam serial ini.

Anime: Log Horizon (season 2)
Lagu: “Wonderful Wonder World”
Artis: Yun*chi
Alasan: Ending anime ini tak hanya menarik dari segi lagunya, namun karena ending-nya menunjukkan pengembangan karakter untuk karakter Akatsuki. Sementara Akatsuki tidur dalam sebagian besar lagu, penonton dapat melihat seperti apa dirinya melalui orang-orang yang mengunjunginya dan dampak dari kunjungan tersebut terhadap mimpinya, dan bagaimana dia memandang para tamu yang mengunjunginya.

Anime: Lord Marksman and Vanadis
Lagu: “Ginsen no Kaze”
Artis: Konomi Suzuki
Alasan: Lagu kemenangan perang ini cocok untuk serial yang mengisahkan tentang perang abad pertengahan dimana para ksatria mulia melawan tentara yang korupsi.

Anime: Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works
Lagu: “believe”
Artis: Kalafina
Alasan: Seperti kebanyakan musik Kalafina, lagu ini diawali dengan suara vokal yang lembut dan secara bertahap naik di bagian chorus – dan itulah yang membuatnya menarik untuk didengarkan.

Anime: Parasyte -The Maxim-
Lagu: “Let Me Hear”
Artis: Fear, and Loathing in Las Vegas
Alasan: Ini menarik; lagu J-rock yang menggunakan autotune dan death metal growl hingga efek terbaik mereka. Lagu tema yang sempurna untuk membuat kalian masuk dalam dunia action-horror hybrid yang menarik seperti Parasyte.

Anime: Gundam Recognista in G
Lagu: “G no Senkou”
Artis: Daisuke Hasegawa
Alasan: Lagu penutup ini memiliki lirik yang ‘nendang’ dan berulangkali menyebutkan nama anime-nya dalam melodi yang upbeat, sehingga menguatkan spirit perdamaian dunia yang diinginkan oleh sang tokoh protagonis. Lagu ini pun mudah dicerna sehingga dijamin akan membuat kalian terus terngiang-ngiang di kepala.

Anime: Garo
Lagu: “Honoo no Kokuin -DEVINE FLAME-“
Artis: JAM Project
Alasan: Lagu tema ini lebih dari sekedar lagu anime, namun lebih mirip dengan lagu pada pertunjukan tokusatsu (seperti Power Ranger maupun Masked Rider) – sehingga sangat masuk akal jika anime ini merupakan salah satu spin-off dari tokusatsu. Lagipula, kombinasi dari musik kemenangan, dan opening yang dianimasikan dengan gaya sketsa tangan yang penuh warna, membuat opening ini begitu memanjakan mata dan telinga.

Anime: Psycho Pass 2
Lagu: “Fallen”
Artis: Egoist
Alasan: Opening-nya dianggap cocok untuk anime bertema cyberpunk murder mistery seperti Psycho Pass.

Anime: Amagi Brilliant Park
Lagu: “Extra Magic Hour”
Artis: AKINO dan bless4
Alasan: Lagu bertempo cepat ini sesuai dengan tampilan visual yang menampilkan kehidupan yang riuh dari para pemeran karakter magical di anime tersebut. Chorus-nya sangat catchy dan mengesankan tentang “petualangan yang menyenangkan”.

Source : kotaku
COMMENT