SHARE THIS ARTICLE

Dari sekian banyak kesalahan yang mungkin dilakukan oleh wisatawan saat berwisata ke Jepang, menurut kalian, kesalahan apakah yang paling fatal dan memalukan?

Foto: http://mytwocents.files.wordpress.com/2008/10/embarrassed-2.jpg
image: mytwocents.files.wordpress.com

Seperti dilansir dari Japan-talk.com, lupa melepas alas kaki merupakan salah satu kesalahan yang paling fatal. Orang Jepang menganggap sepatu kotor sebagai masalah yang serius. Sepatu tidak boleh digunakan di dalam rumah, terutama dalam rumah tradisional Jepang yang lantainya menggunakan tatami. Mengenakan sepatu di dalam rumah, terlebih dalam ruang ber-tatami merupakan, hal yang tabu.

Ada satu lagi kesalahan fatal yang berhubungan dengan alas kaki. Di Jepang, baik di rumah maupun di restoran, ada selop khusus yang digunakan untuk masuk ke kamar mandi. Tujuannya agar kaos kaki tidak basah saat masuk kamar mandi. Tak sedikit yang lupa melepas selop khusus toilet setelah keluar dari kamar mandi dan lalu berkeliaran di dalam rumah/restoran. Masalahnya, selop kamar mandi merupakan obyek yang paling kotor dan jorok dalam budaya Jepang. Lupa melepas selop kamar mandi saat keluar dari kamar mandi akan sukses membuat orang lain melayangkan pandangan jijik pada kalian.

shy 02

 

COMMENT