SHARE THIS ARTICLE

Musim Gamelan mulai populer di Jepang. Jumat (25/7/2014) Universitas Seni Tokyo (Tokyo Geidai) akan menyelenggarakan Festival Gamelan Universe, khusus mengenai gamelan yang akan diisi ceramah oleh dosennya, Yukio Uemura serta partisipasi 11 grup gamelan pendidikan tinggi yang ada di Jepang.

kelompok-gamelan-universitas-shizuoka-latihan-gamelan

Salah satunya adalah kelompok gamelan Suara Canda dari Universitas Shizuoka yang baru dibentuk April lalu. Mereka pun latihan 20 Juli lalu untuk mempersiapkan diri menghadapi Festival Universe di Tokyo yang akan diikuti pula banyak grup gamelan lain.

Saya sejak 5 tahun lalu memang senang gamelan,” papar Kumi Masuda yang baru lulus dari Tokyo Geidai Maret lalu dan mendapat beasiswa Darmasiswa dari pemerintah Indonesia mulai Agustus mendatang selama dua tahun akan berada di Indonesia.

Dari penyelidikan saya di Jepang ternyata ada 30 grup gamelan di Jepang cukup banyak dan kali ini pertama kali diundang bersama-sama ensemble, melantunkan gamelan dari berbagai aliran, ada gamelan Jawa, Sunda, Bali dan sebagainya,” tambahnya.

Saat ini karena baru pertama kali belum terpikirkan untuk membentuk satu kumpulan atau asosiasi gamelan Jepang karena waktunya sangat mepet.

Tapi ide yang bagus tampaknya kalau bisa bersatu membuat semacam asosiasi gamelan Jepang,” tambahnya.

Dulu sekitar 30 tahun lalu Tokyo Geidai memiliki dosen gamelan orang Jawa yang diundang ke universitas tersebut tetapi sudah kembali ke Indonesia dan kini sensei (dosen) gamelan hanya orang Jepang saja.

Grup gamelan yang paling jauh datang dan akan berpartisipasi 25 Juli mendatang dari Shizuoka. Yang lain dari tempat yang ada di Tokyo dan sekitarnya.

Para peserta itu adalah dari Kanda University of International Studies, Gamelan Lingkaran Merdeka (Gamelan Kebyar), Kunitachi College of Bali Gamelan Study Group Chandra Metu (Gamelan Kebyar), Universitas Shizuoka Seni dan Budaya Suara Canda (Gamelan Angklung), Musik gamelan Universitas Shizuoka Study Group (Gamelan Angklung), Lingkaran gamelan Shobi “Skull Seto” (gamelan Jawa), Senzoku College of ensemble gamelan Musik (gamelan Jawa), Tokyo College of Music Gamelan Jawa Orkestra (gamelan Jawa), Lingkaran Tokyo Gakugei musik rakyat Lagu-Lagu Lindik, Klub gamelan Jawa Tokyo National University of Fine Arts dan Music Titik Suara (gamelan Jawa), Bagian tari Indonesia Tokyo University of Foreign Studies (tari Bali), dan Toho Gakuen School of Music (Gamelan Jawa).

COMMENT