SHARE THIS ARTICLE

Unik, Kuil di Jepang Menggelar Festival Jam!

Pada hari Jumat yang lalu sebuah kuil Shinto di Otsu, Prefektur Shiga di barat Jepang telah menggelar suatu festival yang unik, yaitu Festival Jam. Festival ini dimulai sejak tahun 1941 yang diadakan setiap tanggal 10 Juni dan ditetapkan sebagai Hari Waktu. Kuil Omi sendiri dibangun pada tahun 1940 dan menggelar festival ini sebagai penghormatan terhadap Kaisar Tenji (626-672) yang disebut-sebut sebagai pendiri sistem waktu jam di Jepang.

Seperti dilansir dari japanbullet.com, berdasarkan keyakinannya pada pentingnya jam untuk pengembangan masyarakat, pada tanggal 25 April 671, Kaisar Tenji memperkenalkan jam air yang dikenal sebagai “rokoku“, yang dering lonceng jam pertamanya di Jepang tercatat dalam sebuah buku sejarah Jepang kuno, “Nihon Shoki” (The Chronicles of Japan).

Untuk menunjukkan pada Kaisar Tenji bagaimana jam telah dikembangkan hingga saat ini, para peserta festival termasuk perwakilan dari industri jam, menawarkan produk terbaru dari produsen jam di Jepang. Di festival jam tahunan ini para pria dan wanita yang mengenakan pakaian istana Jepang kuno tampil diiringi alunan seruling dan drum.

Festival mana lagi di Jepang yang kalian anggap unik?

Source : japanbullet.com
COMMENT