SHARE THIS ARTICLE

Agar tidur bisa nyenyak, bus malam biasanya dilengkapi dengan tirai untuk menutup jendela. Namun bus malam di Jepang berbeda dan unik. Bus di sini memiliki penutup kepala yang mirip tudung saji sebagai pengganti penutup mata.

bus malam jepang (1)
Tudung di dalam bus (Putri/detikTravel)

Ada banyak sarana transportasi yang bisa traveler pilih untuk berkunjung dari satu kota ke kota lain di Jepang. Moda transportasi yang paling tenar adalah kereta. Biasanya, kereta digunakan oleh mereka yang ingin cepat sampai.

Sayangnya, biasa kereta cepat ini cukup mahal. Nah, untuk backpacker yang ingin menghemat biaya transportasi dan penginapan bisa memilih bus malam AKAP.

Bus ini mulai berangkat tengah malam dan tiba pagi hari. Perjalanan yang cukup jauh pun jadi tak terasa karena waktu dihabiskan dengan tidur.

Ada banyak operator yang memiliki pelayanan bus malam, salah satunya adalah Willer Express. Tepat tengah malam bus berangkat dari masing-masing titik keberangkatan. Yang paling umum dan paling banyak dipilih turis adalah stasiun kereta.

bus malam jepang (2)
Tempat check in bus di Tokyo (Putri/detikTravel)

bus malam jepang (3)

Untuk bisa naik bus, wisatawan harus terlebih dahulu reservasi. Baru kemudian setelah itu, masing-masing penumpang akan mendapat nomor kursi.

Begitu bus tiba, penumpang langsung dipersilakan memasukkan barang ke bagasi dan naik ke bus. Dari luar, tidak ada yang berbeda dengan moda transportasi ini. Pun dengan bagian dalam bus.

Kursi formasi 2-2 tersusun rapi dari depan sampai belakang. Jarak antar kursi pun terhitung lebar. Tapi tunggu sampai Anda melihat detil di bangku tersebut.

bus malam jepang (4)
Bantal yang menempel di kursi (Putri/detikTravel)

Penutup kepala seperti tudung saji menjadi aksesoris kursi. Jika ditarik, tudung ini akan melebar dan menutup seluruh kepala, membuat gelap seketika. Jika dilipat ke belakang, tudung ini akan terbuka dan cahaya masuk.

Ternyata, tudung ini berfungsi sebagai pengganti penutup mata yang biasa digunakan penumpang untuk tidur. Jadi, Anda tak perlu repot-repot membawa penutup untuk tidur. Cukup membuka tudung, nuansa gelap langsung tercipta.

Benar saja, begitu bus mulai berjalan, penumpang mulai menarik tudung. Mengenakan selimut yang disediakan, satu per satu mereka terlelap. Perjalanan jadi terasa nikmat.

Selain itu, ternyata ada jenis bus malam yang lain. Selain bertudung, ada pula bus malam yang memiliki fasilitas hiburan berupa Sega. Meski tipe lama, Sega di bus malam ini cukup menghibur khususnya bagi mereka yang hobi bermain games. Mau mencoba bus malam Jepang?

Source : travel.detik.com
COMMENT