SHARE THIS ARTICLE

Uncut Curry Kari Utuh Cooking Papa

Memasak itu sangatlah menyenangkan, lho.”

Uncut Curry Kari Utuh Cooking Papa - cdjapan.co.jp
Image Source: cdjapan.co.jp

Demikianlah kalimat yang selalu menjadi pembuka awal bab serial manga Cooking Papa karya Tochi Ueyama yang banyak digemari di Jepang karena berbagai hidangan menarik dan mudah dibuat yang disajikan lengkap dengan resepnya. Salah satunya adalah Uncut Curry, alias kari dengan sayuran utuh dan daging berpotongan besar yang harus dimakan menggunakan garpu dan pisau. Hidangan yang diuji coba sendiri oleh Ueyama di dapur kantornya di Perfektur Fukuoka ini diperolehnya saat berpikir bagaimana agar ia bisa membuat hidangan kari yang biasa terlihat lebih cantik.

Uncut Curry Kari Utuh Cooking Papa 1
Dapur Ueyama

Kunci memasak Uncut Curry ini adalah untuk memasaknya hingga empuk, setidaknya selama 4-5 jam. Jangan lupa untuk mengangkat kentang dan bawangnya lebih dahulu karena mereka bisa menjadi terlalu lembek,” ujar Ueyama yang juga merekomendasikan berbagai bumbu tambahan seperti saus tomat dan yogurt sesuai selera masing-masing.

Uncut Curry Kari Utuh Cooking Papa - photos-albums.com
Image Source: photos-albums.com

Bahan-Bahan (4 porsi)

  • 5 buah bawang bombay
  • 4 buah wortel
  • 4 buah kentang
  • 1 batang seledri
  • 2 buah paprika hijau
  • 4 slice tebal daging babi bagian perut (bisa diganti dengan daging lainnya; 100 gram per orang)
  • Bubuk kari
  • 1 blok kaldu bubuk

Cara Memasak

1. Potong kecil-kecil seledri, paprika, dan 1 buah bawang bombay.

2. Panaskan mentega di dalam panci, lalu masukkan daging, bawang bombay, wortel, dan kentang yang telah dikupas utuh-utuh dan tumis sebentar.

3. Tambahkan sekitar 1.800 cc air panas dan kaldu blok dan didihkan hingga masak. Jangan lupa buang buih-buih di permukaan airnya.

4. Angkat lebih dulu kentang dan bawang bombay setelah dimasak selama lebih dari 30 menit dan sudah empuk.

5. Saat sayuran-sayuran potongnya sudah empuk, tambahkan sendiri bumbu-bumbu dan bahan ekstra sesuai selera (bisa saus tomat, saus tonkatsu, yogurt, soy sauce, fresh cream, wine, apel parut, tomat yang sudah dikupas dan tanpa biji, dsb). Terus masak di atas api kecil selama kurang lebih 3 jam.

6. Tambahkan bubuk kari, sedikit garam dan merica. Didihkan lagi selama sekitar 30 menit, lalu masukkan lagi kentang dan bawang bombay setengah matang tadi dan masak lagi selama 30 menit.

7. Sajikan nasi di atas piring, letakkan wortel, kentang, bawang, dan daging, lalu tuangkan kari ke atasnya.

Itadakimasu~!

Uncut Curry Kari Utuh Cooking Papa 2
Tochi Ueyama
Source : ajw.asahi.com
COMMENT