SHARE THIS ARTICLE

Mengunjungi restoran Jepang di Indonesia, Anda pasti akan menemukan hidangan tempura tertera dalam menu. Ya, hidangan asal Negeri Sakura ini memang sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia.

tempura

Teksturnya yang kriuk membuat kuliner tersebut digemari anak-anak hingga dewasa. Untuk membuat tempura sebetulnya tidak terlalu sulit.  Kepada sejumlah media di Jakarta, Rabu, 25 Juni 2014, chef yang bekerja di kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaharu Tada, berbagi trik cara membuat tempura.

Pertama, udang black tiger yang digunakan sebagai bahan tempura dibersihkan terlebih dahulu. Utamanya bagian ekor. Menurut Masaharu, hal ini perlu dilakukan untuk mengindari letupan minyak saat tempura dimasukkan ke dalam wajan. Setelah itu, kupas kulit udang dan potong bagian punggungnya untuk mengeluarkan kotoran.

Agar tidak melengkung saat digoreng, bagian badan udang dipotong-potong, namun tidak sampai terbelah. Kemudian tekan udang dengan menggunakan tangan agar tetap lurus pada saat digoreng.

Trik lainnya saat membuat tempura adalah pastikan bahan-bahan untuk membuat adonan dalam kondisi dingin, termasuk air. Selain itu, tempura powder atau tepung terigu untuk tempura sebaiknya diayak terlebih dahulu.

Masukkan tempura powder yang telah diayak ke dalam adonan yang terdiri dari air dingin dan kuning telur. Aduk dengan menggunakan alat pengocok biasa.

Jangan sampai total dicampur. Maksudnya kalau pakai tepung biasa silakan dicampur total. Kalau pakai tempura powder sudah dibuat sedemikian rupa sehingga tidak akan menggumpal,” ujar Masaharu yang diterjemahkan oleh salah seorang staf di Kedubes Jepang untuk Indonesia.

Perhatikan pula tekstur adonan yang telah diaduk. Pastikan encer dan tidak terlalu kental.  Namun, ujar Masaharu, untuk membuat tempura dari bahan sayuran atau daun, adonan yang dipakai bisa lebih encer.

Selanjutnya, lumuri udang dengan tepung terigu biasa. Tujuannya, agar adonan tempura lebih menempel pada udang. Kemudian masukkan udang yang sudah dilumuri tepung terigu, ikan dori, asparagus, dan jamur shiitake, ke dalam adonan tempura. Masukkan bahan tersebut satu per satu.

Setelah matang, tempura yang digoreng deep frying diangkat dengan sumpit. Tiriskan satu per satu agar minyaknya benar-benar jatuh.

Kalau udang segar tidak digoreng sampai matang. Masih ada sedikit tekstur yang mentah. Kalau udang black tiger harus dimasak lebih lama,” ucapnya.

Berikut resep tempura seperti dilansir dari Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang.

Bahan:

8 udang mentah (200 gram)
1 ubi jalar (300 gram)
4 jamur shiitake (80 gram)
2 terong (160 gram)
Tempura powder secukupnya
Minyak secukupnya
1 kuning telur
Air dingin 200 mililiter
Tepung terigu secukupnya
1/8 labu (100 gram)

Cara pembuatan:

1. Potong ujung ekor udang yang telah dikupas kulitnya. Kemudian potong bagian belakang udang untuk menghilangkan kotoran atau pembuluh darah. Buat 4-5 irisan di bagian sisi udang agar tidak melengkung saat digoreng. Tekan udang dengan menggunakan jari-jari Anda.

2. Iris ubi jalar dengan tebal 1 sentimeter dengan tetap mempertahankan bagian kulit. Potong beberapa bagian dari jamur shiitake agar masak dengan lebih baik saat digoreng.

3. Potong terong menjadi empat bagian dan buat sayatan sehingga bisa matang lebih baik. Kemudian potong labu menjadi irisan tipis.

4. Masukkan air dingin ke dalam wadah. Tambahkan satu kuning telur dan kocok hingga rata. Masukkan tempura powder yang telah disaring ke dalam adonan. Aduk cepat. Lumuri udang dengan terigu agar adonan melekat lebih baik.

5. Panaskan wajah dengan minyak hingga suhu 160-170 derajat celsius. Saat suhu minyak mencapai 160 derajat celsius, biasanya makanan akan turun ke bagian bawah wajan dan langsung naik ke permukaan lagi. Mulailah dengan memasukkan sayuran yang telah dilumuri adonan. Goreng hingga gelembung minyak menjadi kecil dan suara desis dari minyak tak terlalu terdengar.

6. Goreng udang yang telah dicelupkan ke dalam adonan dengan minyak bersuhu 180 derajat celsius. Saat suhu minyak sudah mencapai 180 derajat celsius, biasanya makanan yang dimasukkan akan langsung muncul ke permukaan. Udang sebaiknya tidak terlalu digoreng hingga matang.

Source : life.viva.co.id
COMMENT