SHARE THIS ARTICLE

Jepang punya banyak destinasi wisata, dari alam sampai budaya. Setidaknya ada 6 tempat yang tak boleh dilewatkan saat berwisata ke Negeri Sakura. Apa saja?

Mengutip CNN, Rabu (3/9/2014), berikut 6 destinasi di Jepang yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Kota kuno Kyoto

traveling japan (1)
Foto: (James Dale/CNN)

Sebagai bekas ibukota Jepang (794-1869 M), Kyoto menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Kota ini punya banyak kuil dan bangunan tua, serta tentunya keberadaan geisha.

Tentu saja, banyak turis dari negara barat seperti AS dan Kanada suka menyambangi kota kuno seperti Kyoto,” tutur Mamoru Kobori dari Japan National Tourism Organization.

Mayoritas turis datang ke Kyoto untuk tinggal di ryokan (penginapan khas Jepang) dan mencicipi kuliner lokal. Di sela-selanya, Anda bisa mengunjungi aneka kuil dan menyewa kostum geisha!

2. Kumano Kodo

traveling japan (2)
Foto: (Katie Van Camp/CNN)

Tak banyak turis yang tahu soal Kumano Kodo. Padahal ini adalah jalur ziarah para kaisar dan tentara Jepang sejak masa kekuasaan Heian (794-1192). Kumano Kodo masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2004.

Jalur ini melintasi hutan dan perkebunan, desa dan kota-kota kecil yang membentang di wilayah Kansai. Di tengah jalan, traveler juga bisa berendam di pemandian air panas.

Rute ini melewati beberapa tempat wisata religi. Di tengah jalan traveler bisa menemukan pemandian air panas yang terpencil, kuliner khas yang nikmat, dan akomodasi asli ala Jepang,” tutur Brad Towle dari Tanabe City Kumano Tourism Bureau.

3. Nagasaki

traveling japan (3)
Foto: (Yasufumi Nishi/JNTO)

Sebagai salah satu kota yang terkena bom atom pada 1945, Nagasaki sudah berbenah menjadi kota metropolitan nan cantik. Nagasaki berubah dari desa nelayan mungil menjadi kota pelabuhan penting bagi perdagangan ke China dan Eropa.

Kini, turis berbondong-bondong menyambangi Nagasaki untuk belajar tentang sejarah kotanya. Menyusuri kawasan Chinatown yang dinamis, dan bersantai di Glover Gardens yang berada di lereng bukit.

Tempat paling fotogenik di Nagasaki adalah puncak Gunung Inasa, 333 mdpl. Traveler bisa mendaki, atau naik Nagasaki Ropeway seharga 1.200 Yen (Rp 135.000) sekali jalan.

4. Karuizawa

traveling japan (4)
Foto: (Nagano Perfecture/JNTO)

Karuizawa adalah salah satu tempat tercantik di Jepang saat musim gugur. Suhunya lebih dingin beberapa derajat dari Tokyo di musim panas. Terlebih lagi, ada gunung berapi Asama yang menjadi salah satu incaran wisatawan.

Namun terlepas dari wisata alamnya, Karuizawa adalah kota yang menawan. John Lennon dan Yoko Ono bahkan pernah liburan di sini pada 1970-an, dan tinggal di Mampei Hotel. Ya, Anda juga bisa menginap di sana!

5. Aneka festival

traveling japan (5)
Foto: (JNTO)

Jepang tersohor oleh aneka festival, dari yang tradisional sampai festival modern nan unik. Dengan kepercayaan Shinto dan Buddha yang mengakar ratusan tahun, tak heran beberapa festival menjadi daya tarik wisatawan.

Salah satu festival yang paling digemari turis adalah Hakata Gion Yamakasa Festival. Berlokasi di Hakata, Fukuoka, festival ini berisi lomba arak-arakan di jalanan kota.

6. Taman kota Tokyo

traveling japan (6)
Foto: (James Dale/CNN)

Tokyo memang terkenal sebagai kota metropolitan. Bangunan pencakar langit tersebar di banyak tempat, keriuhan Tokyo pun terkenal sampai mancanegara. Namun ada beberapa tempat untuk Anda bersantai dan menikmati udara segar.

Tokyo punya beberapa taman kota antara lain Yoyogi Park, Shinjuku Gyoen, dan Ueno Park. Taman mungil yang tak kalah cantik adalah Happo-en Garden di kawasan Shirokanedai.

Taman ini sering disebut sebagai refleksi cantinya alam Jepang pada masa Edo. Taman ini juga punya kolam, kedai teh ala Jepang, dan restoran.

COMMENT