SHARE THIS ARTICLE

Sementara Museum Ghibli di Mitaka adalah tempat yang benar-benar aneh, yang membawamu ke dalam dunia ajaib dari animator Hayao Miyazaki dan kawan-kawannya, orang dewasa mungkin akan merasa pengalaman mereka tidaklah lengkap di sana. Khususnya saat berada di wilayah khusus bermain anak yang dilengkapi dengan Cat Bus berukuran sebenarnya yang seolah-olah memintamu untuk menginjak tali berwarna keunguan dan melempar Makurokurosuke (sekelompok makhluk kecil yang disebut Susuwatari dalam film Ghibli) ke udara seperti anak-anak yang hiperaktif, tapi jika kamu melakukannya pasti akan berakibat kamu dikeluarkan dari gedung tersebut.

Tapi jangan takut! Ada tempat lain di Jepang yang bahkan para orang dewasa dapat berkeliling sesukanya melalui dunia imajinasi dari My Neighbor Totoro: museum Teddy bear di Prefektur Tochigi.

img_7252

Nasu Teddy Bear Museum terletak di dataran tinggi Nasu di Perfektur Tochigi, museum kecil yang manis ini mempunyai banyak hal untuk ditawarkan, dan para pengunjung tidak perlu membeli tiket awal seperti di museum Ghibli.

Memasuki lantai pertama, kamu akan disambut oleh teddy bear raksasa yang bergerak dan berbicara dalam bahasa Inggris dan Jepang. Koleksi boneka teddy bear di museum ini memiliki banyak variasi, mulai dari boneka antik teddy bear dan boneka teddy bear yang diberi pakaian sampai boneka teddy bear yang bertemakan tokoh film seperti Indiana Jones dan Catwoman. Bintang utama dari semua koleksi mereka adalah Teddy Edward, seekor beruang berdasarkan sebuah buku yang ditulis oleh Patrick dan Mollie Matthews tentang petualangan seekor beruang. Mereka juga mempunyai semua gambar dan artikel dari perjalanannya dari seluruh dunia.

img_6704

img_4194

img_4195 img_6706

img_6705

img_4198

img_6709

img_7256

Boneka teddy bear memang sangat lucu dan menggemaskan, tapi tujuan utama untuk datang ke museum itu bukanlah untuk melihat para teddy bear itu, meskipun mereka tetap sayang untuk dilewatkan. Dari bawah tangga yang mengarah ke lantai dua kamu bisa mendengar raungan dari Totoro yang memberi tanda supaya kamu naik ke atas.

Saat kamu naik ke lantai dua kamu bisa melihat kepala raksasa dan cakar dari seekor Cat Bus keluar dari dinding. Kamu mungkin ingin berhenti dan berharap supaya Cat Bus itu menepuk kepalamu, tapi yakinlah perhatianmu pasti akan tertuju pada hal lain. Banyak sekali pajangan yang mendokumentasikan dunia dari My Neighbor Totoro tapi matamu pasti akan langsung tertarik pada daya tarik utama dari semuanya, sebuah boneka Totoro setinggi tiga meter yang memohon untuk diambil gambarnya. Museum tersebut bahkan menyediakan sebuah payung untuk melengkapi fotonya!

Saat kamu berkeliling, tepat sebelum toko oleh-oleh terdapat Cat Bus yang lain. Memang, ini bukan rekreasi secara keseluruhan, namun bis kucing yang ada di depan terbuka untuk semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa, untuk mengambil foto. Akhirya, kamu bisa membayangkan dirimu sendiri dibawa dari rumah pedesaanmu yang suram ke dalam hutan kuno yang Totoro sebut sebagai rumah mereka.

img_7255

img_6735

img_4201 img_4213 img_4218 img_6737 img_7265

Kota Nasu di perfektur Tochigi mungkin agak sedikit melenceng untuk para pengunjung yang pergi ke Jepang, tapi jika salah satu tujuanmu adalah untuk bertemu dengan Totoro, kota ini adalah satu-satunya tempat yang bisa kamu kunjungi. Kota ini hanya sejauh satu perjalanan singkat ke utara dengan bullet train dari Tokyo, jadi sangat mudah dijangkau. Selain itu, wilayah ini dikelilingi banyak kafe, restoran, dan toko-toko, jadi buatlah harimu menyenangkan di sana, meskipun sebaiknya kamu menyewa mobil begitu sampai di sana.

img_2218

Info lokasi:
Nasu Teddy Bear Museum  (那須テディベア・ミュージアム)
Alamat: 1185-4 Takakuhei, Nasu-machi, Nasu-gun, Perfektur Tochigi 325-0302
Harga Tiket: 1080 yen untuk dewasa
Telepon: 0287 – 76 – 1711
Jam Buka: 9.30 pagi – 5.00 sore (masuk gedung sampai jam 4.30 sore)

COMMENT