SHARE THIS ARTICLE

Tradisi makan malam di tahun baru hampir sama dengan makan malam perayaan Natal. Sejumlah hidangan tradisionalpun disajikan. Seperti yang satu ini, soba kuah dengan jadi makanan favorit warga Jepang saat makan malam di malam tahun baru.

Foto: travelandleisure.com
Foto: travelandleisure.com

Hidangan khas malam tahun baru di Jepang berbeda dari yang lainnya. Kalau biasanya identik dengan sajian beef BBQ, di sini justru menyajikan hidangan hangat berkuah. Toshikosi soba berupa mi soba disajikan bersama kuah hangat kecokelatan.

Soba adalah mi yang warnanya kecokelatan dan tipis. Terbuat dari tepung soba atau sobako dan tepung terigu. Minya lentur dan panjang. Ternyata tiap toko yang menjual soba punya racikan yang berbeda. Umumnya tersaji seperti sup panas dan ditaburi dengan irisan daun bawang juga nori. Bisa juga disajikan dingin di piring bambu dan dicelupkan ke dalam saus kedelai atau zaru soba.

Di Jepang Toshikosi soba selalu disantap sebagai menu makan malam tahun baru. Bahkan kebiasaan ini tersebar luas di seluruh wilayah Jepang. Makanan ini juga memiliki lambang keinginan agar umur semakin panjang.

Tak hanya itu, dalam budaya Jepang mi soba juga melambangkan keberuntungan. Dimakan pada malam tahun baru untuk mengingat kejadian di tahun lalu dan harus diperbaiki pada tahun yang akan datang.

Umumnya Toshikoshi soba dinikmati sambil mendengarkan dering Joya-no-kane, yakni lonceng malam tahun baru yang dipukul pada waktu yang bersamaan dari banyak kuil. Tradisi ini menjadi populer di kalangan rakyat biasa saat era kekaisaran Edo.

Source : food.detik.com
COMMENT