SHARE THIS ARTICLE

Tori no takikomi-gohan, nasi ayam khas Jepang (1)Takikomi-gohan adalah nasi yang dimasak bersama bahan-bahan lainnya, seperti daging, makanan laut dan sayuran. Orang Jepang sepertinya telah memakan Takikomi-gohan selama sedikitnya seribu tahun. Konon awalnya masakan ini adalah cara menghemat beras. Biasanya nasi dimasak bersama biji-bijian lainnya, ubi atau lain sebagainya untuk menghasilkan makanan yang lebih banyak. Bahan-bahan lainnya juga ditambahkan selama bertahun-tahun, menjadikan Takikomi-gohan sekarang ini sebagai makanan yang menampilkan bahan-bahan yang sedang musim atau aroma dari bahan-bahannya.

Selama musim semi, biasanya nasi dimasak bersama rebung, sementara buah berangan dan ubi menjadi bahan tambahan di musim gugur. Nasi juga bisa dimasak bersama ikan salmon, kerang, cumi-cumi, gurita atau makanan laut lainnya.

Takikomi-gohan, selain biasa dibuat di rumah, juga sering terdapat pada menu di restoran-restoran ala Jepang. Masakan ini enak juga bila dimakan dingin dan sering dimasukkan ke dalam bento atau kemasan bekal ala Jepang. Takikomi-gohan merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari masakan Jepang yang berbahan pokok nasi.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Tori no takikomi-gohan, nasi ayam khas Jepang (2)・ 400 gram beras (2½ gelas atau 500 mililiter)
・ 600 mililiter air (3 gelas)
・ 100 gram ayam
・ 100 gram wortel
・ 2 sendok makan (30 mililiter) kecap asin (untuk membumbui beras)
・ 2 sendok teh (10 mililiter) kecap asin (untuk merendam ayam)
Kalau Anda menggunakan beras bulir panjang seperti beras indica sediakan
・550 mililiter air

Cara Memasak

1. Cuci dan tiriskan beras.

2. Masukkan beras dan 600 mililiter air ke dalam panci; biarkan beras terendam selama sekitar 30 menit. Kalau Anda menggunakan beras bulir panjang seperti beras indica, beras tidak perlu direndam lebih dulu.

3. Potong-potong ayam ukuran 1 sentimeter dan rendam dengan 2 sendok teh kecap asin. Wortel diiris memanjang tipis seperti korek api ukuran 3 sentimeter.

Tori no takikomi-gohan, nasi ayam khas Jepang (3)4. Beberapa saat sebelum memasak nasi, masukkan 2 sendok makan kecap asin pada beras di panci lalu aduk. Masukkan potongan ayam dan irisan wortel di atas beras. Tutup panci dan masak nasi dengan api sedang. Kalau sudah mendidih, kecilkan api dan masak dengan api kecil selama 12 menit.

Tori no takikomi-gohan, nasi ayam khas Jepang (4)5. Jangan angkat tutup panci. Biarkan nasi selama 10 menit lagi dalam panci tertutup. Gunakan centong nasi untuk mengaduk ayam dan wortel hingga tercampur dengan nasi.

Source : www3.nhk.or.jp
COMMENT