SHARE THIS ARTICLE

Pada tanggal 10 September, telah tersiar kabar bahwa aktor kenamaan Cina Tony Leung Chiu Wai akan bermain dan menjadi bintang utama dalam film Jepang pertamanya. Film ini berjudul 1905, dan akan disutradarai oleh Kiyoshi Kurosawa yang terkenal telah menyutradarai banyak film horor Jepang.

Film yang proses syutingnya akan dilakukan di Jepang dan Taiwan ini juga akan dibintangi oleh aktor Shota Matsuda dan Atsuko Maeda yang baru saja lulus dari grup idol AKB48. Film yang direncanakan sejak tahun 2009 lalu itu mengambil seting Yokohama di tahun 1905 dan dialog para pemainnya akan 90% menggunakan bahasa Cina.

Seperti judulnya, film ini mengambil setting tahun 1905 di mana imperialisme dan globalisme mengambil alih dunia. Negara-negara Asian merasa terancam dengan masuknya peradaban Barat, dan karenanya untuk menanggulanginya banyak orang Cina yang hijrah ke Jepang untuk belajar modernisasi, mengakibatkan banyaknya murid dari luar negeri dan pertukaran kebudayaan antara kedua negara.

Dalam film ini Tony Leung akan berperan sebagai seorang rentenir bernama Yan Yunlong, yang harus pergi ke Jepang untuk menagih hutang dari lima orang di sana. Shota bermain sebagai Kato Tamotsu, seorang anggota organisasi ultranasionalis bernama Houkokukai. Ia diperintahkan untuk melakukan pemulangan paksa dari lima revolusionaris Cina, yang ternyata merupakan orang-orang yang sama dengan yang sedang dikejar oleh Yan, dan akhirnya mereka berdua bekerja sama untuk mencari kelima orang tersebut.

Sutradara Kiyoshi menyatakan kegembiraannya akan para pemain dalam film ini, “Para pemeran film ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan untukku. Aku masih tidak dapat percaya bahwa ini adalah nyata. Ketiga pemeran utama film ini akan dapat saling terhubung satu dengan lainnya melampaui batas kata-kata, umur dan gender. Mereka akan terhubung melalui jiwa mereka. Dapat bekerja dengan para orang hebat tersebut merupakan suatu berkah melebihi yang seharusnya didapat oleh seorang sutradara.”

Tony Leung berkomentar, “Aku selalu mengagumi karya-karya sutradara Kiyoshi, dan aku merasa senang memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengannya. Aku akan menghargai pengalaman yang kudapat ini dan menikmati setiap saat yang kulalui.”

Sementara itu, Shota mengungkapkan bahwa ia benar-benar menggigil saat ia menerima naskah film ini. Ia berkata, “Aku terkejut oleh besarnya skala film ini dan para pemainnya yang luar biasa, tetapi saat aku menerima naskah dan menyadari bahwa aku benar-benar akan bertemu dengan sutradara Kiyoshi, aku merasa sangat bahagia . Aku ingin memiliki rasa percaya diri dan menikmati proses syuting sambil menjaga baik suasana yang tegang dan perasaan santai.”

Untuk Atsuko sendiri, ini akan menjadi satu langkah maju yang sangat berarti sebagai seorang aktris. Ia akan menjadi Onishi Miyako, seorang wanita yang sehari-harinya selalu menyiapkan makanan untuk Yan. Onishi adalah seorang wanita muda yang pemberani dan jujur, namun juga sulit berkompromi dan tidak ragu-ragu untuk menyuarakan pemikirannya. Acchan berkata, “Sutradara Kiyoshi telah banyak berkarya di berbagai belahan dunia ini, dan aku sangat senang aku dapat berpartisipasi dalam salah satu filmnya. Karakter yang kumainkan adalah seorang wanita yang sangat menawan dan aku akan mengerahkan seluruh energiku untuk performance ini.”

Baik Shota yang harus fasih berbahasa Cina untuk perannya, maupun Acchan yang paling tidak harus mampu mengucapkan beberapa patah kata, dijadwalkan untuk menjalani pelatihan bahasa Cina yang ekstra keras dalam rangka meningkatkan bahasa Cina mereka secepat mungkin. Film ini dijadwalkan untuk memulai syutingnya pada bulan November dan diperkirakan akan berakhir sekitar bulan Januari tahun depan. Selain di Jepang, film ini sudah dipastikan rilis di Taiwan dan Hong Kong.

1905 akan didistribusikan bersama oleh prénom H dan Shochiku. Film ini dijadwalkan untuk diputar di bioskop sekitar musim gugur tahun 2013.

sumber : tokyohive.com

COMMENT