SHARE THIS ARTICLE

Alat-alat Ajaib Doraemon Stand By Me (1)

Bagi Anda yang bersiap menonton film ‘Doraemon Stand By Me‘ jangan cuma menyiapkan tissue. Anda juga wajib baca tentang alat-alat ajaib yang dipakai robot kucing lucu ini. Yuk simak alat-alatnya:

1. Pintu ke Mana Saja

Alat-alat Ajaib Doraemon Stand By Me (2)
Pintu ke Mana Saja atau dalam bahasa Jepang Dokodemo Door, adalah salah satu gadget paling populer milik Doraemon. Benda ini bisa membawa Nobita cs ke manapun di belahan dunia manapun.

Mungkin belum banyak yang tahu, tetapi prototipe pertama untuk Pintu ke Mana Saja memiliki bentuk yang sangat besar, hampir setinggi rumah. Desainnya juga tidak seperti yang biasa kita lihat, melainkan sebuah pintu geser.

Prototipe baru kemudian didesain lebih kecil seukuran pintu rumah. Beberapa prototipe bahkan memiliki komputer di sebelahnya, yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan tujuan mereka. Sebagian besar desain cukup kontemporer, jika tidak bisa disebut modern.

Ketika Nobita ingin pergi, ia cukup membuka pintu dan melaluinya untuk mencapai tujuan. Dalam beberapa adegan manga dan dalam beberapa episode anime, secara ajaib pintu itu tahu ke mana Nobita ingin pergi tanpa memasukkan tujuan atau arahan lainnya.

Pintu ke Mana Saja juga memiliki semacam memory card terbatas, yang berarti pintu itu tidak bisa merekam daerah-daerah baru secara otomatis. Pintu Ke Mana Saja juga tidak dapat digunakan jika telah terpapar oleh gelombang elektromagnetik yang kuat seperti angin surya.

Film ini baru akan resmi tayang di jaringan bioskop Blitzmegaplex pada 10 Desember mendatang.

2. Mesin Waktu

Alat-alat Ajaib Doraemon Stand By Me (3)
Mesin waktu adalah peralatan canggih utama yang digunakan Doraemon dan Nobita untuk melintasi dimensi waktu. Menggunakan alat ini bisa menembus ruang maupun waktu, mau ke masa lalu atau masa depan.

Doraemon memutuskan untuk menempatkan mesin portal waktu di laci meja Nobita, yang merupakan tempat yang tepat di mana Doraemon diperkenalkan.

Dalam beberapa cerita fitur-panjang, mesin ini memiliki kemampuan berbicara seperti Siri, membantu pengguna untuk mengkonfirmasi tujuan.

Untuk menyesuaikan dengan asal-usul Doraemon, mesin waktunya memiliki model yang umum, dan sering rentan terhadap kerusakan atau kecelakaan yang menyebabkan gangguan signifikan untuk petualangan karakter utama.

Mesin ini terdiri dari chassis berbentuk persegi dengan berbagai peralatan di atasnya seperti bagian kontrol.
Menurut sumber resmi, mesin ini bertenaga magnetis.

3. Baling-baling Bambu

Alat-alat Ajaib Doraemon Stand By Me (4)
Sama seperti Pintu ke Mana Saja, Baling-baling Bambu juga merupakan salah satu alat Doraemon yang paling sering digunakan. Nama alat ini merupakan kombinasi antara bambu dan helikopter yang versi Jepangnya disebut Bamboo Copter.

Desain pertama Baling-baling Bambu berbentuk cukup besar, dan dikenakan pada tubuh dengan cara yang sama seperti ‘Helikopter HatInspector Gadget. Beberapa prototipe pertama tidak begitu sempurna, karena bisa patah jika menanggung bobot yang berat.

Ukuran baling-baling ‘juga sangat besar, hampir sebesar helikopter, yang membuatnya sulit dibawa ke mana saja.

Kemudian, desain Baling-baling Bambu dibuat jauh lebih kecil dan lebih ringan. Prototipe yang lebih kecil seperti pelindung kepala dengan baling-baling besar yang hampir seukuran ban sepeda.

Versi yang lebih baru dan dipakai saat ini prototipe yang dimiliki Doraemon dan Dorami, yang tampak seperti baling-baling mainan dan sangat ringan.

Alat ini digunakan untuk dengan ditempel di kepala, dan membuat penggunanya bisa terbang. Salah satu kelemahan alat ini adalah baterainya yang boros. Baling-baling Bambu dapat diterbangkan dengan kecepatan 80 kilometer per jam. Meskipun ukurannya kecil, tapi dapat mengangkat beban hingga 160 kg sampai 200 kg. Baterai gadget ini dapat berjalan selama maksimal 8 jam.

4. Lorong Ajaib

Alat-alat Ajaib Doraemon Stand By Me (5)
Untuk mengubah bentuk tubuh menjadi kecil, Nobita cs harus melewati lorong ini. Dan apabila ingin kembali ke bentuk semula, mereka harus melewatinya sekali lagi. Dalam film ‘Stand By Me‘ lorong ini diberi warna hijau.

Alat ini hampir serupa dengan lampu senter yang bisa mengecilkan objek. Bedanya, Lorong Ajaib hanya bisa mengecilkan orang dalam satu ukuran, sementara Lampu Ajaib bisa mengecilkan objek ke berbagai ukuran.

5. Kain Waktu

Alat-alat Ajaib Doraemon Stand By Me (6)
Kain Waktu atau Time Furoshiki memiliki kemampuan untuk memajukan atau memundurkan waktu tergantung pada dua sisi berwarna berbeda yang digunakan. Alat ini pertama kali digunakan oleh Nobita untuk mengubah peralatan lama ke peralatan baru untuk mendapatkan uang.

Namun penggunaannya meluas ke banyak hal lain, seperti mengubah objek kembali ke materi awal, memperbaiki mesin yang rusak, penuaan atau membuat orang-orang muda, dan memulihkan fosil berusia jutaan tahun.

6. Kamera Pengubah Penampilan

Alat-alat Ajaib Doraemon Stand By Me (7)
Kamera yang berbentuk seperti kamera polaroid ini memiliki kegunaan untuk mengubah penampilan dari objek yang dibidik. Alat ini digunakan Nobita pada situasi tertentu untuk menyesuaikan kondisi. Tetapi, tak jarang ia menggunakannya untuk iseng dan membuat Giant serta Suneo berpakaian layaknya anak perempuan.

Saksikan film ini di jaringan bioskop Blitzmegaplex pada 10 Desember mendatang.

Source : hot.detik.com
COMMENT