SHARE THIS ARTICLE

Tokyo menjadi kota yang mendapatkan penghargaan Michelin dengan banyak restorannya menyajikan paling enak di dunia. Ini penghargaan untuk delapan kali berturut-turut.

Sukiyabashi Jiro Honten, resto yang dikunjungi Obama mendapat penghargaan (Foto: Dailymail)
Sukiyabashi Jiro Honten, resto yang dikunjungi Obama mendapat penghargaan (Foto: Dailymail)

Michelin adalah penghargaan tertinggi di dunia yang diberikan kepada sebuah restoran. Di antara restoran yang memeroleh rating tertinggi bintang tiga untuk 2015, yaitu restoran dengan masakan ikan buntal beracun. Lalu, restoran yang menyajikan chanko nabe (sup untuk para pesumo) serta beberapa restoran yang mengkhususkan hidangan jenis ikan.

Sebanyak 267 restoran mendapatkan bintang Michelin, 19 di antaranya adalah untuk pertama kalinya. Makimura, restoran tradisional mendapatkan bintang tiga Michelin. Pemiliknya, Akio Makimura, mengatakan bahwa dia tidak bisa percaya telah menang.

Ketika saya mendapat panggilan telefon yang memberitahu saya tentang bintang dari Michelin, saya pikir itu adalah lelucon,” kata Makimura, seperti dilansir Dailymail, Jumat (5/12/2014).

Restoran lain yang memenangkan bintang tiga, yaitu Usukifugu Yamadaya, yang fokus menyajikan hidangan ikan buntal beracun. Ikan ini bisa berakibat fatal jika tidak diolah dengan benar.

Pemenang lain adalah Sukiyabashi Jiro Honten yang merupakan tempat makan pilihan Presiden Barack Obama saat mengunjungi Jepang pada April lalu. Restoran ini menjadi panduan pertama yang dirilis UNESCO menjadi Masakan Warisan Budaya awal tahun ini.

Tokyo adalah kota Asia pertama yang memiliki banyak panduan restoran terbaik di dunia. Bahkan di 2010, Tokyo dapat melampaui Paris sebagai kota yang paling banyak restoran yang memiliki bintang Michelin.

Source : lifestyle.okezone.com
COMMENT