SHARE THIS ARTICLE

Tokyo – Bursa saham Jepang melonjak hampir tiga kali lipat pada perdagangan hari ini menyusul dipilihnya Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade 2020. Kabar ini akan berimbas baik pada industri konstruksi, properti, dan ritel.

Pagi tadi Indeks Nikkei 225 melonjak 2,82% atau setara 390,65 poin ke level 14,251,46. Akhir pekan lalu indeks acuan di Bursa Tokyo sudah anjlok 1,45%.

“Tokyo jadi tuan rumah olimpiade dan tren pelemahan yen, dikombinasikan dengan membaiknya perekonomian global menjadi faktor positif yang bisa menepis kekhawatiran akan serangan militer AS ke Suriah,” kata Hiroichi Nishi, general manager dari SMBC Nikko Securities dikutip AFP, Senin (9/9/2013).

Saham-saham yang terkait dan bisa dapat untung dari olimpiade pun menanjak. Berdasarkan pengalaman lalu, sektor infrastruktur, properti, dan ritel bisa terus menanjak terutama mendekati hajatan internasional tersebut.

Sementara nilai tukar yen terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus melemah. Selain bisa menggairahkan pasar modal, gelaran olimpiade ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Jepang.

Pada perdagangan pagi tadi, nilai tukar dolar terhadap yen berada di 99,54 yen per dolar A dibandingkan posisi akhir pekan lalu di 99,11 yen per dolar AS.

(ang/dnl)

Sumber: Detik.com

COMMENT