SHARE THIS ARTICLE
image: b-lab.jp
image: b-lab.jp

Bulan Desember telah tiba. Di Jepang, sejak dulu ada kebiasaan membersihkan rumah pada akhir tahun. Apakah kalian tahu bahwa di beberapa negara di Eropa dan Amerika Utara membersihkan rumah itu adalah pada saat musim semi? Walau ada banyak tips dan trik tentang membersihkan rumah yang dapat kalian ketahui ketika melihat beragam situs dan blog lain, namun berikut ini akan diperkenalkan “tips dan trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan di Jepang” dilansir dari madameriri.com. Silakan coba tips & triknya untuk membantu membersihkan rumah kalian pada akhir tahun!

1. Cara praktis mencuci mainan anak-anak

Tips & trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan pada akhir tahun di Jepang (10)

Masukkan mainan plastik anak-anak ke dalam mesin pencuci piring kemudian masukkan cuka sebanyak 1 1/2 hingga 2 cangkir ke dalam mesin pencuci piring dan kalian bisa melihat hasilnya dengan mengkilap. Atau jika tidak ada mesin pencuci piring, kalian bisa mencucinya secara manual.

2. Spray pembersih jendela buatan sendiri

Tips & trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan pada akhir tahun di Jepang (2)

Masukkan cuka sebanyak 1 cangkir, alkohol 1/2 cangkir, air 2 1/4 gelas, lalu campurkan tepung jagung sebanyak 1 sendok makan ke dalam botol semprot. Kocok dan semprot jendela, partikel halus dari tepung maizena akan menyerap kotoran dari jendela dan lap dengan kain kering.

3. Cara untuk bekerja sama dalam membersihkan rumah yang juga menyenangkan bagi anak-anak

Tips & trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan pada akhir tahun di Jepang (3)

Tuliskan apa yang kalian ingin agar anak-anak lakukan dalam beberapa balon terpisah, seperti “merapikan bagian atas meja,” “membersihkan jendela,” “melipat pakaian/cucian.” Kalau anak-anak juga bersedia untuk bekerja sama dalam membersihkan rumah itu akan menjadi menyenangkan, kan?

4. Membersihkan bagian karet dari mesin cuci

Tips & trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan pada akhir tahun di Jepang (4)

Untuk membersihkan bagian karet dari mesin cuci, gunakan air dan pemutih/bleach, rendam handuk dalam cairan yang telah dilarutkan dengan perbandingan 1:1.

5. Membersihkan bulu hewan peliharaan

Tips & trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan pada akhir tahun di Jepang (5)

Untuk membersihkan rambut hewan peliharaan atau rambut yang kusut di sofa dan karpet, gosok dengan sarung tangan karet yang biasa digunakan untuk mencuci piring, hasilnya akan kelihatan bersih.

6. Wiper/pembersih kaca praktis yang dapat digunakan dalam waktu yang lama

Tips & trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan pada akhir tahun di Jepang (6)

Gunakan kaus kaki bekas dengan bahan berbulu sebagai wiper/pembersih kaca. Selain dapat digunakan untuk mencuci berkali-kali, juga sangat ekonomis.

7. Membersihkan spons dengan cepat

Tips & trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan pada akhir tahun di Jepang (7)

Saat membersihkan kotoran dengan spons, akan membuat spons itu menyerap kotoran. Untuk membersihkannya, masukkan spons ke dalam oven microwave selama 2 menit. Panas yang “tinggi” dalam oven microwave akan mampu membunuh 99% bakteri yang melekat pada spons. Setelah membersihkan spons, kalian juga dapat membersihkan microwave tersebut.

8. Cara membersihkan sekat/sela-sela jendela

Tips & trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan pada akhir tahun di Jepang (11)

Walau telah menyeka dengan sikat dan kain, kotoran akan tetap ada di sekat/sela-sela jendela. Untuk itu, gunakan rolling pin/cotton bud yang telah direndam dengan cuka. Jendela itu akan terlihat bersih dan indah seperti baru.

9. Cara membersihkan talenan kayu

Tips & trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan pada akhir tahun di Jepang (8)

Untuk membuat talenan kayu mengkilap seperti baru dibeli, gunakan lemon dan garam kasar. Usapkan lemon yang dipotong setengah ke permukaan talenan, biarkan selama 10 menit dan gosok dengan garam kasar. Setelah itu, gosok lagi dengan lemon. Garam yang meresap di antara permukaan talenan akan membersihkannya.

10. Cara untuk membuat furnitur kayu yang usang kembali mengkilap

Tips & trik membersihkan rumah yang menjadi kebiasaan pada akhir tahun di Jepang (9)

Gunakan cuka sebanyak 1/4 cangkir, campurkan dengan minyak zaitun sebanyak 3/4 cangkir, rendam dengan lap, dan seka permukaan kayu. Hasilnya furnitur akan mengkilap seperti baru.

(Rina Hergisa)

Source : madameriri.com
COMMENT