SHARE THIS ARTICLE
image: gofundme.com
image: gofundme.com

Untuk mereka yang gemar travelling secara hemat, manga café di Jepang dapat menjadi tempat menginap alternatif bila dirasa tarif hotel terlalu mahal. Akan tetapi, manga cafe Jepang tetap pada kondratnya sebagai tempat membaca manga dan bukan untuk tidur. Oleh karena itu untuk meningkatkan kenyamanan, ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum memutuskan untuk menghabiskan waktu di sana. Berikut adalah di antaranya:

1. Passport atau Kartu Tanda Pengenal Orang Asing

image: pinterest.com
image: pinterest.com

Secara hukum, passport sangat diperlukan untuk dibawa oleh orang asing saat berkunjung ke Jepang. Bukan hanya di manga cafe Jepang tetapi juga saat di manapun sebab kerapkali terjadi penahanan bagi warga negara asing yang tidak membawa passport atau kartu tanda pengenal orang asing di tempat umum.

2. Kartu Keanggotaan

image: howibecametexan.com
image: howibecametexan.com

Jika kalian tidak memiliki kartu keanggotaan, kalian harus membuatnya agar dapat menyewa ruangan. Biasanya dikenakan biasa 100 yen dengan menyiapkan data diri seperti alamat, nomor passport dan juga umur.

3. Penutup Mata

image: howibecametexan.com
image: howibecametexan.com

Sebagian besar manga cafe menjual penutup mata demi kenyamanan pelanggan mereka karena memang beberapa di antaranya mampir untuk tidur dan bukan untuk membaca manga. Ada beberapa yang dijual dengan harga 100 sampai 200 yen dan bila kalian merasa keberatan, bawalah penutup mata sendiri dari rumah.

4. Ear Plug

image: nippon.com
image: nippon.com

Kadangkala kalian akan menjumpai beberapa orang yang tidur dengan mendengkur cukup keras. Ear plug jelas dibutuhkan untuk menyingkirkan polusi suara tersebut yang bisa dibeli dengan harga 100 yen. Opsi lain yang dapat dilakukan adalah menyumpal telinga dengan kertas tisu.

5. Alarm

image: bussinessinsider.com
image: bussinessinsider.com

Tarif untuk berada dalam manga cafe dihitung berdasarkan jam saat kalian masuk dengan perkiraan 30 menit pertama 250 yen hingga 7 jam dengan 1.500 yen. Alarm diperlukan sebagai penjaga supaya kalian tidak overtime karena tertidur terlalu lama. Pasalnya ada biaya tambahan bila kalian lewat dari jam sewa awal mencapai dengan 100 yen setiap 15 menit. Tidak ingin kan rencana hemat kalian berubah menjadi boros?

6. Makanan

image: breakingmuscle.com
image: breakingmuscle.com

Manga cafe tidak memperbolehkan kalian untuk pergi karena mereka takut pelanggan kabur tanpa membayar. Kendati mereka menyiapkan minuman dan makanan kecil, bawalah makanan yang cukup layak dari luar untuk berjaga-jaga bila kalian merasa lapar di tengah waktu tidur. Cobalah untuk makan secara diam-diam agar tidak ketahuan.

7. Bantal atau Selimut

image: potameides.com
image: potameides.com

Manga cafe memiliki tiga tipe booth dengan tempat tidur bermatras tipis, reclining chair, dan kursi biasa dengan meja. Perlu diperhatikan apapun pilihan, kalian tetap memerlukan bantal atau selimut untuk kenyamanan.

Sudah siap untuk mencoba pengalaman tidur hemat ini di Jepang?

Source : Texan in Tokyo
COMMENT