SHARE THIS ARTICLE

Tips Bacaan Mengenal Lebih Dekat 5 Jenis MangaAnda sering membaca komik Jepang? Komik Jepang biasanya disebut manga.

Manga dari Jepang setara dengan buku komik dan novel grafis yang dibuat oleh Amerika.

Pada rak buku manga, Anda akan menemukan cerita komedi romantis berseri, serial petualangan ruang angkasa, satir sejarah, dan genre lainnya yang juga berseri.

Perbedaan dari jenis manga terletak pada sasaran audiens atau pembacanya. Tidak peduli berapa pun usia atau jenis kelamin, akan selalu ada cerita yang disajikan manga untuk Anda.

Berikut jenis-jenis manga yang perlu Anda ketahui:

1. Shounen
Target manga Shounen adalah anak-anak dan remaja laki-laki. Genre “Mecha”, yang menampilkan raksasa, duel antar robot, termasuk ke dalam kategori ini.

Cerita seputar pertarungan pedang dan pertempuran magis juga termasuk ke dalam kategori manga Shounen.

Beberapa contoh manga Shounen yang populer baik di Jepang maupun di beberapa negara lain adalah Dragon Ball Z, Naruto, dan Bleach, yang melibatkan pertarungan fantasi.

2. Seinen
Manga Seinen menargetkan audiens laki-laki yang lebih dewasa. Dalam serial manga Seinen ditampilkan gambar kekerasan yang lebih berat dan drama psikologis yang lebih mendalam dibandingkan manga Shonen.

Sebagai contoh, “Akira” dan “Gantz” merupakan fiksi ilmiah yang termasuk ke dalam jenis manga ini. Serial yang mengandung humor dewasa, seperti “Crayon Shin-Chan”, juga termasuk manga Seinen.

Batasan antara manga Shonen dan Seinen tidak selalu jelas, serial “Neon Genesis Evangelion” dan “Death Note” adalah contoh manga yang mungkin berada di antara dua kategori tersebut.

3. Shoujo
Para gadis remaja merupakan target dari dari manga Shoujo. Meskipun serial manga ini mengandung beberapa tingkat action dan komedi, tapi fokusnya biasanya pada percintaan dan konflik emosional.

Fruit Basket” dan “Ouran Host Club” merupakan contoh dari serial manga Shoujo.

Genre “Magical Girl”, yang menampilkan tokoh utama perempuan dengan kekuatan magis merupakan sub-kategori manga Shoujo. “Sailormoon” adalah salah satu ikon dari serial “Magical Girl”.

4. Josei
Perempuan dewasa menjadi target audiens dari manga Josei. Karakter yang ditampilkan biasanya cenderung sedang menyelesaikan sekolah menengah atas atau awal kuliah.

Cerita yang realistis dan adegan seksual secara eksplisit merupakan ciri umum dari jenis manga Josei.

Namun, cerita tentang “Magical Girl” juga terkadang mucul sebagai manga Josei, misalnya saja “Honey and Clover”, “Paradise Kiss”, dan “For Mrs”.

5. Kodomo
Isi dari manga Kodomo bertujuan untuk audiens anak-anak. Tema tentang moral adalah tema yang umum dalam serial manga ini. Contoh serial manga Kodomo yang populer adalah “Doraemon” dan “Hamtaro”.

Source : amazine.co
COMMENT