SHARE THIS ARTICLE

Cabang olahraga bola basket Jepang terancam tidak mengikuti di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 mendatang. Kabarnya, federasi bola basket di Jepang (JBA) dilarang bertanding di kancah internasional.

Tim basket Jepang dilarang ikut Olimpiade. (Foto: Reuters)
Tim basket Jepang dilarang ikut Olimpiade. (Foto: Reuters)

Federasi Bola Basket Internasional, (FIBA), menjatuhkan sanksi tersebut setelah JBA dianggap gagal menyatukan dua liga yang berbeda. FIBA menjatuhkan hukuman kepada JBA setelah jatuhnya tenggat waktu pada Oktober lalu untuk menyatukan Liga Bola Basket Jepang (BJL) dan Liga Bola Basket Nasional (NBL).

Dengan demikian, badan tertinggi bola basket tersebut membekukan hak-hak JBA sebagai anggota dan akan melarang mereka mengikuti kompetisi internasional, termasuk kualifikasi Olimpiade. Mereka menyebut langkah drastis ini terpaksa dilakukan untuk kebaikan perkembangan bola basket di Jepang.

FIBA menyesal bahwa situasi telah sampai pada tidak adanya titik temu,” kata Sekretaris Jenderal FIBA, Patrick Baumann seperti dilansir Reuters, Kamis (27/11/2014).

Namun, JBA menegaskan bahwa mereka akan berusaha agar hukuman larangan ini dibatalkan. “Kami selalu berhubungan dengan FIBA dan sedang berusaha untuk mengadakan perubahan di tubuh JBA dan agar hukuman ini dibatalkan,” demikian pernyataan tertulis JBA.

Source : sports.okezone.com
COMMENT