SHARE THIS ARTICLE

Terpilihnya kembali Barack Obama menjadi Presiden Amerika Serikat dielu-elukan hari Rabu kemarin di resor air panas kota Obama di Prefektur Nagasaki dan juga kota Obama di Prefektur Fukui.

Bagi masyarakat kota Obama, terpilihnya kembali Obama sebagai Presiden Amerika berarti lebih banyak kesempatan untuk memanfaatkan nama mereka yang sama itu. Dalam bahasa Jepang, Obama berarti “pantai kecil”.

Kota pesisir barat mengadakan pesta saat mereka menyaksikan hasil akhir pemilu. Hirokazu Yomo yang merupakan salah satu petinggi kota Obama mengatakan bahwa selama empat tahun lagi nama besar Obama akan membantu pembangunan kota tersebut.

Sementara itu, Koji Matsuzaki, walikota kota Obama di Prefektur Fukui akan menulis sebuah surat untuk mengucapkan selamat kepada Presiden Amerika Serikat itu atas kemenangannya, kata seorang pejabat kota.

“Dalam surat itu, beliau akan berkata ia berharap Obama akan memimpin dunia dan supaya presiden dapat mengunjungi Obama kali berikutnya beliau berkunjung ke Jepang.”

Empat tahun lalu, demam politik Amerika Serikat membuat kota berpenduduk 32.000 orang ini mengadakan pesta besar-besaran menyambut kemenangan Obama. Kali ini mereka mengadakan pesta dengan skala yang lebih kecil, namun tetap banyak kemeriahan yang berhubungan dengan Obama yang masih dapat ditemui di kota tersebut.

Kelompok warga yang “mendukung Obama tanpa diminta” telah membuat dan membagikan manisan yang terbuat dari kacang hijau, yang kabarnya merupakan kegemaran nenek Obama yang tinggal di Kenya, kata seorang pejabat kota.

Presiden Obama sendiri yang pertama kali menarik perhatian berkaitan dengan hubungannya dengan kota tersebut. Beliau mengatakan pada jaringan TBS bahwa saat ia datang ke Jepang pada tahun 2006 silam, seorang petugas pemeriksa passport yang kaget mengatakan pada beliau bahwa ia berasal dari kota Obama.

source : japantoday.com

pic : history.com

COMMENT