SHARE THIS ARTICLE
Shirahama Onsen di Perfektur Wakayama Jepang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)
Shirahama Onsen di Perfektur Wakayama Jepang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Orang Indonesia ternyata banyak menyukai Shirahama Onsen (tempat pemandian air panas alami Shirahama) yang berada di Perfektur Wakayama Jepang. Wisatawan asing terbanyak yang ke sana, 90 persen ternyata dari Asia. Selama tahun 2014, sedikitnya 77.399 wisatawan asing ke tempat tersebut, jauh melebihi tahun 2013 yang hanya 58.401 wisatawan.

Shirahama Onsen memang sangat cantik dan terkenal di luar negeri daripada Arima Onsen, menurut berbagai biro perjalanan asing. Salah satu negara Asia yang banyak datang juga adalah dari Indonesia,” kata Koichi Yamanaka, pejabat pemda Wakayama kepada Tribunnews.com, Kamis (12/2/2015).

Wisatawan dari Hongkong sebanyak 38 867 orang, atau sekitar 50,22 persen dari total wisatawan asing. Kemudian  wisatawan dari Taiwan sebanyak 8.984 orang (11,61 persen). Dari Tiongkok sebanyak 4.024 (5,2 persen), Korea Selatan sebanyak 2.483 (3,21 persen) dan Indonesia masih terus diteliti jumlahnya. Namun diperkirakan hampir mencapai seribu orang hadir ke Shirahama Onsen selama tahun 2014 lalu.

Para wisatawan selain mengunjungi mata air panas, juga ke Sandanheki, Senjojiki, resort dengan pemandangan alam yang indah di Wakayama, ke Pulau Engetsu-to, menikmati makanan khasnya yang enak.

Wisatawan dari HongKong banyak karena presiden perusahaan biro perjalanan Hongkong EGL Tours pintar bahasa Jepang dan dia kita tunjuk sebagai Duta Besar Wisata dari HongKong untuk Wakayama. Jadi hubungan kita sudah dekat dengannya. Lagipula Gubernur Wakayama memang juga menekankan upaya promosi pariwisata ke negara-negara di Asia akhir-akhir ini, serta pertukaran budaya dua negara antara Wakayama Jepang dengan negara-negara di Asia,” papar Yamanaka.

Daya tarik lainnya juga penggunaan Free WiFi di sana dan makanan khas lokal yang enak serta pemandangan alam yang indah. Selain dari Indonesia, juga banyak hadir wisatawan dari Thailand.

Meskipun jumlah wisatawan asing sangat jauh meningkat ke Shirahama Onsen, namun secara keseluruhan (termasuk warga Jepang), wisatawan yang ke sana menurun 1,3 persen dibandingkan tahun 2013 sehingga hanya 3.108.503 wisatawan.

Berkurangnya jumlah wisatawan ini karena adanya angin topan dua kali yang menghantam daerah tersebut dan penundaan pesta kembang api di sana akibat angin topan tersebut.

Tahun ini pihak Shirahama Onsen akan fokus kepada wisata onsen tersebut dengan menyajikan berbagai gambar pemandangan alamnya yang cantik guna menarik lebih banyak lagi wisatawan asing ke sana.

Source : tribunnews.com
COMMENT