SHARE THIS ARTICLE

Beberapa destinasi yang terkenal bagi wisatawan asing, belum tentu menjadi favorit warga setempat. Warga Kyoto misalnya, punya tempat liburan favorit mereka sendiri yang agak beda dengan halaman utama brosur wisata.

Ada beberapa tempat menarik yang biasa dikunjungi oleh warga lokal Kyoto. Anda dan para wisatawan lainnya pun bisa ikutan berkunjung ke sana. Setidaknya ada 5 tempat menarik untuk disambangi, seperti ditengok detikTravel dari CNN, Kamis (18/9/2014):

1. Fushimi Inari Taisha

kyoto tour (1)
Foto: (Alena Eckelmann/CNNGO)

Tempat pertama yang biasa dikunjungi oleh warga lokal Kyoto adalah Kuil Fushimi Inari Taisha, yang dianggap suci bagi pemeluk agama Shinto. Kuil ini merupakan tempat pemujaan Inari, atau Dewa Padi, oleh warga lokal Inari dipercaya memberikan kemakmuran. Kuil ini dihiasi oleh Torii, atau gerbang kayu bercat merah, dan patung Rubah, yang dianggap sebagai pembawa pesan Tuhan.

Torii, atau gerbang kayu, membentang dari kaki Gunung Fushimi hingga ke puncak, di mana kuil Fushimi Inari Taisha ini berada, jumlahnya ada ribuan. Sepanjang jalan menuju puncak, Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Jika capek, Anda bisa beristirahat di rumah-rumah makan yang ada di sepanjang jalan untuk sekedar minum teh hijau yang menyegarkan. Sedap!

2. Katsura Imperial Villa

kyoto tour (2)
Foto: (Alena Eckelmann/CNNGO)

Katsura Imperial Villa telah berdiri sejak abad ke-17, di mana era Edo berkuasa. Bangunan ini masih asli dari segi arsitektur, maupun dari desain taman yang masih sangat tradisional. Bangunan langka ini sungguh bersejarah karena tidak banyak mengalami rekonstruksi sejak pertama dibangun hingga sekarang, tidak seperti bangunan lain di Jepang.

Untuk menuju ke sini, Anda bisa menempuh 40 menit perjalanan menggunakan Kyoto City Bus, dan berhenti di halte Katsura-rikyu-mae, dilanjutkan berjalan kaki selama 8 menit. Anda bisa juga menggunakan kereta Hankyu Kyoto Line, kemudian berhenti di Stasiun Katsura, lalu berjalan kaki selama 20 menit. Lumayan bukan?

3. Gunung Suci Hiei

kyoto tour (3)
Foto: (Alena Eckelmann/CNNGO)

Gunung Hiei merupakan kompleks kuil suci Enryaku-ji yang termasyhur, dinobatkan sebagai UNESCO World Cultural Asset dan juga sebagai kantor pusat Sekte Buddha Tendai, yang hanya diketahui dan dipahami oleh beberapa orang tertentu saja. Anda bisa menuju kemari menggunakan kereta Kosei Line dari Stasiun Kyoto, menuju stasiun Hiei-zan Sakamoto, selama 20 menit.

Salah satu titik yang paling suci di kuil ini adalah di Aula Konpon Chu. Di Aula tersebut, ada sebuah lentera yang telah menyala sejak awal abad ke-9. Lentera tersebut pertama kali dinyalakan oleh Dengyo Daishi, penemu Sekte Tendai. Percaya atau tidak, lentera itu telah menyala selama 1.200 tahun. Wow!

4. Area Pedesaan Ohara

kyoto tour (4)
Foto: (Alena Eckelmann/CNNGO)

Area pedesaan Ohara terletak di sebelah utara Kyoto. Untuk menuju Ohara, Anda bisa menempuh satu jam perjalanan dengan menggunakan bus No 17 dari Stasiun Kyoto. Area pedesaan ini sungguh sangat tenang dan damai, cocok bagi Anda yang ingin sekedar menyepi dari hiruk pikuk kota yang ramai.

Bangunan paling menarik untuk dikunjungi di Ohara adalah Kuil Sanzen-in dan Kuil Jakko-in. Kedua kuil ini sangat indah, dan masih menggunakan arsitektur tradisonal Jepang. Waktu terbaik mengunjungi kuil ini adalah ketika musim gugur tiba, di mana daun-daun maple akan berubah warna menjadi merah. Sangat indah!

5. Desa Kurama dan Kibune

kyoto tour (5)
Foto: (Alena Eckelmann/CNNGO)

Tempat terakhir yang jadi favorit warga Kyoto untuk dikunjungi di akhir pekan adalah pedesaan Kurama dan Kibune, di utara Kyoto. Kedua pedesaan ini dihubungkan oleh jalan kecil di pegunungan yang menuju kuil terpencil di tengah hutan pohon cedar yaitu Kuil Kurama-dera dan Kuil Kibune-jinja. Kedua kuil ini dianggap suci oleh warga setempat.

Anda bisa menikmati suasana pedesaan yang masih tenang dan asri di sini. Anda juga bisa menikmati hidangan otentik daerah setempat di kedai kecil Kibune River, sambil menikmati gemericik air sungai yang damai. Akses ke sini cukup mudah, gunakan kereta Eizan Line yang menuju Stasiun Kurama, dari Stasiun Kyoto Demachi Yanagi.

Source : travel.detik.com
COMMENT