SHARE THIS ARTICLE

Sering mampir ke restoran Jepang? atau ingin menyajikan hidangan Jepang untuk tamu di rumah? Sebaiknya cermati tata cara makan khas Jepang agar tak salah dalam memilih dan menyantap hidangan. Bagaimana cara menyantap sushi, ramen atau nasi yang benar? Coba saja simak info lengkapnya berikut ini!

image: reachsite.com
image: reachsite.com

Jenis Hidangan: Hidangan sehari-hari yang biasa disantap orang Jepang selalu merupakan hidangan yang lengkap. Bukan hanya lengkap nutrisinya tetapi juga jenisnya. Ada hidangan berkuah seperti sup, sayuran (acar atau salad), hidangan yang direbus (sayuran, telur atau sedikit daging sapi, ayam atau ikan), hidangan gorengan (jenis tempura, katsu), hidangan panggang/bakar (ikan, ayam) dan nasi putih. Bisa juga berupa hidangan lengkap (ramen dengan berbagai isi), donburi (nasi dengan berbagai topping) dan aneka sushi atau onigiri. Jenis hidangan dipilih sesuai dengan situasi dan kesempatan. Hidangan untuk makan malam keluarga berbeda dengan hidangan untuk menjamu tamu.

Menyantap Nasi: Nasi merupakan sajian utama. Jika berupa nasi putih, sebaiknya santap nasi terpisah dengan lauknya. Nasi dulu kemudian lauknya atau sebaliknya. Sebaiknya tidak menaruh lauk plus kuah atau shoyu langsung ke atas nasi. Tidak tabu untuk menghabiskan nasi hingga butiran terakhir. Jika nasi memakai topping (donburi) biasanya dilengkapi dengan sendok karena sulit menyantap nasi yang basah dengan sumpit.

Menyantap Sushi: Sushi biasanya sudah diberi olesan wasabi, karena itu tak perlu melarutkan wasabi dalam shoyu. Cukup celupkan bagian topping (bukan bagian nasi) ke dalam shoyu dan langsung menyantap seluruh sushi (biasanya sushi dalam porsi sekali suap). Untuk menetralkan rasa sushi bisa diselingi dengan menyantap gary (acar jahe muda).

Menyantap Gorengan: Gorengan merupakan sajian yang cukup digemari oleh orang Jepang. Gorengan selalu dibuat saat akan disajikan dan disantap langsung. Biasanya disajikan dengan saus pencelup yang berupa campuran shoyu dengan sedikit jahe parut dan lobak parut. Cukup celupkan sedikit bagian gorengan ke dalam sausnya, jangan merendamnya karena tujuannya hanya menambah rasa gurih saja. Karena itu saus biasanya disajikan dalam porsi kecil.

Menyantap Sup: Jangan takut untuk menyeruput sup hingga berbunyi karena hal ini tidak ditabukan. Buka tutup mangkuk sup, aduk sup dengan ujung sumpit lalu minum sup langsung dari mangkuknya. Setelah sup habis, tutup kembali mangkuknya dan taruh mangkuk pada posisi semula. Usahakan untuk menaruh semua peralatan pada posisi semula saat disajikan dan jaga agar tetap bersih dan rapi.

Source : food.detik.com
COMMENT