SHARE THIS ARTICLE
Makan dengan sumpit (Foto:Wisegeek)
Makan dengan sumpit (Foto:Wisegeek)

Saat bertandang ke Jepang, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tata cara bersantap. Misalnya dengan menggunakan sumpit untuk menikmati berbagai sajian.

Tapi, jangan keliru bersikap dalam bersantap, jika tidak ingin dicap aneh atau bahkan tidak sopan oleh warga setempat. Untuk itu, pahami dulu tata cara bersantap di negara Jepang. Berikut paparannya, sebagaimana dilansir Rocketnews24, Sabtu (14/3/2015).

Tangan di bawah meja menunjukkan sudah kenyang

Kebanyakan masyarakat Jepang dalam bersantap, hanya menggunakan satu tangan. Ketika sudah selesai makan dan sudah kenyang, tangan diletakkan di bawah meja.

Jika masih ingin menambah? Ada gerakan yang mencirikan bahwa Anda masih menginginkan makanan. Yakni, memegang sumpit dengan kedua tangan dan sedikit mengangkatnya, kemudian sambil sedikit digerakkan.

Jangan letakkan sumpit di atas mangkuk

Ada tradisi yang pantang dilakukan saat bersantap di Negeri Sakura. Jika sudah selesai makan dan sumpitnya diletakkan di atas piring, ini adalah langkah yang salah.

Pasalnya, bagi masyarakat Jepang, sumpit yang diletakkan di atas mangkuk melambangkan sebuah jembatan di atas sungai. Konon, sungai tersebut adalah sungai Sanzu dan di sungai itu banyak menelan korban sehingga memiliki sejarah memilukan. Karenanya, saat berada di Jepang jangan lakukan hal ini.

Wari bashi, sumpit sekali pakai tersedia di mana-mana

Jika sedang keluar rumah, biasanya orang-orang Jepang tidak akan membawa sumpit pribadinya. Melainkan menggunakan sumpit sekali pakai yang sangat mudah ditemukan di berbagai restoran, tempat rekreasi dan juga toko-toko yang ada di Jepang.

Jangan gunakan sumpit Anda untuk mengambil makanan milik orang lain

Di Jepang, ketika Anda ditawari makanan oleh orang lain, jangan mengambil makanannya dengan sumpit yang Anda miliki. Akan tetapi, gunakan sumpit yang sudah disediakan atau sumpit orang yang memberi makanan, kemudian letakkan ke mangkuk atau piring anda.

Setelah itu, baru gunakan sumpit pribadi untuk menyantapnya. Cara ini dinilai lebih sopan, dibandingkan Anda mengambil makanan orang lain langsung dengan sumpit yang milik sendiri.

Source : lifestyle.okezone.com
COMMENT