SHARE THIS ARTICLE

Apakah hubungan antara Halloween dengan bento? Mungkin bagi kita yang tidak tinggal di Jepang, sulit untuk melihat hubungan antara keduanya. Namun untuk kita yang tinggal di Jepang, atau telah mengenal dengan baik budaya masyarakat Jepang, kita akan cepat menangkap hubungannya.

Sebelumnya, kita harus mengetahui apa itu bento. Sederhananya, bento adalah bekal makan yang biasanya dikemas dalam sebuah kotak (tempat bekal atau kotak khusus lainnya). Bento tradisional biasanya berisi nasi, ikan atau daging, dan beberapa macam sayuran dan acar. Walau bento telah umum tersedia dan dijual di berbagai tempat di Jepang, masih sangat umum (dan menyenangkan) untuk mereka yang menyukai pekerjaan rumah tangga untuk menyiapkan bento dalam bentuk dan sajian yang menyenangkan dan kreatif.

Isi sebuah bento bisa diatur dalam sebuah susunan yang sangat rumit dalam gaya yang disebut kyaraben dan oekakiben yang masing-masing menyerupai karakter animasi dan karakter manusia sesungguhnya. Banyak kontes yang digelar dimana para penyusun bento saling mempertontonkan keahlian mereka dan bersaing untuk membentuk susunan bento yang paling estetis.

Di bawah ini adalah beberapa contoh bento bertema Halloween yang dapat ditemui di Jepang. Mana yang merupakan favorit Anda?

 

 

source : tofugu.com

COMMENT