Takehiko Inoue membantu membuat pemecahan rekor lembaran kertas Jepang terbesar di dunia


Takehiko Inoue, pencipta manga seperti Slam Dunk, Vagabond dan Buzzer Beater, membantu membuat lembar kertas washi (kertas Jepang) terbesar di dunia pada tanggal 23 Mei. Bekerja dengan tim yang terdiri dari 20 orang, ia menghasilkan lembaran berukuran 3,3 meter x 10,7 meter di Ueyama Paper Mill di Echizen, sebuah kota di Prefektur Fukui yang dikenal dengan pengrajin washi-nya. Lembar kertas ini dijuluki sebagai Heisei Choujaku Daishi, atau “Long Great Paper of Heisei” (Heisei adalah era Jepang pada saat ini).

takehiko washi record (1)

Inoue berencana untuk menggunakan lembaran tersebut sebagai kanvas untuk pameran di Mori Arts Center Gallery di distrik Roppongi, Tokyo pada tanggal 23 Juli yang berjudul “Gaudí x Takehiko Inoue – The Source of Synchronized Creativity,” yang akan mengupas karir dan karya arsitek Spanyol Antoni Gaudi, yang arsitektur dan desainnya tidak konvensional dan memiliki pengaruh besar pada gerakan modernis di awal abad ke-20. Inoue secara pribadi terinspirasi oleh karya Gaudí dan akan menampilkan sekitar 40 buah karya yang didasarkan pada kehidupan Gaudí di pameran tersebut. Namun, hingga kini, Inoue tidak yakin lembar kertas itu akan ia gunakan untuk apa. “Ini terlalu besar. Ini belum muncul ke dalam tampilan bagi saya. Tapi saya ingin terus berdialog dengan kertas ini dan terlibat dengan penciptaan pandangan dunia Gaudí.”

Must Read  Subaru BRZ STI Merilis Edisi Sport Khusus Jepang

takehiko washi record (2)

Pembuatan washi merupakan proses padat karya. Cabang-cabang kertas murbei terlebih dahulu direbus, dilucuti dari kulit kayu dan dikeringkan. Kemudian direbus dengan larutan alkali, dicuci, dan diputihkan untuk menghilangkan pati, tanin dan kotoran lainnya dalam serat. Serat itu ditempatkan di tong dengan banyak air dan alat penebal yang terbuat dari akar tororo. Seperti yang terlihat dalam foto, sebuah layar kemudian diturunkan ke dalam tong dan diaduk untuk mengeluarkan cairannya. Dalam hal ini layarnya diaduk 50 kali. “Punggung saya sakit,” keluh Inoue. “Ini lebih sulit daripada yang saya kira.”

Must Read  Hiii.. Wanita Ini Tewas Disengat Lebah Raksasa 150 Kali

Sebuah demonstrasi bagaimana membuat washi dalam skala yang lebih kecil:

Source : animenewsnetwork.com

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

Takehiko Inoue membantu membuat pemecahan rekor lembaran kertas Jepang terbesar di dunia

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini