SHARE THIS ARTICLE

Sushi ternyata tak harus memakai nasi dari beras Jepang yang mahal. Kalau Anda sedang berhemat namun ngidam makan sushi, coba saja berkreasi dengan mi instan. Malah, cara ini lebih praktis daripada membuat sushi dengan cara tradisional.

sushi mi instant (1)
Ilustrasi: Getty Images

Mi instan ternyata sangat fleksibel sebagai pengganti sumber karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, dan tepung. Selain bisa dimasak menjadi omelet dan hot dog, mi instan ternyata juga dapat dikreasikan menjadi sushi!

1. Bahan dan alat

sushi mi instant (2)
Ilustrasi: Getty Images

Sebelum membuat sushi mi, Anda harus memiliki makisu yang seperti tikar bambu mini untuk menggulung sushi. Bungkus dengan plastic wrap agar sushi tak lengket ke makisu dan rusak ketika digulung.

Siapkan juga nori (lembaran rumput laut kering). Jangan lupa rebus mi instan sampai al dente, tiriskan, siram air dingin, dan tiriskan lagi sampai kering. Kali ini, bumbu mi instan tak dipakai.

Untuk isi sushi, Anda bisa menggunakan isian klasik seperti irisan daging salmon atau tuna mentah, avokad, mentimun, atau telur dadar yang dipotong korek api. Tentu saja, Anda juga bisa berkreasi dengan memakai keju, daging buah mangga, udang, wortel, mayones, atau apapun sesuai selera.

2. Menggulung sushi

sushi mi instant (3)
Ilustrasi: Getty Images

Cara menggulung sushi mi sama seperti sushi biasa. Jika ingin membuat makizushi (nori di luar), letakkan selembar nori di makisu dengan bagian mengilat di bawah. Basahi tangan dengan air putih agar mi tak lengket, lalu ambil mi secukupnya dan ratakan di atas nori. Usahakan mi menutupi semua bidang nori namun sisakan sedikit ruang di atasnya.

Letakkan isi sushi secara horizontal di bagian bawah mi. Gulung makisu sekali sampai isi sushi tertutup, lalu padatkan sushi dengan menekannya. Buka bagian depan makisu agar mudah menggulung sushi, lalu gulung dan padatkan lagi. Lakukan sampai sushi tergulung habis.

3. Memotong sushi

sushi mi instant (4)
Ilustrasi: Getty Images

Celupkan pisau dalam air agar mi tak lengket, lalu potong gulungan sushi menjadi dua. Letakkan kedua potongan secara paralel, lalu potong 3 atau 4. Jadi, totalnya sushi terpotong menjadi 6-8 buah. Sajikan dengan mayones atau shoyu.

4. Variasi sushi mi

sushi mi instant (5)
Ilustrasi: Getty Images

Membuat sushi dengan mi instan lebih praktis dibanding dengan nasi, karena nasi sushi harus dicampur dengan rice vinegar, gula, dan garam. Selain makizushi, Anda juga bisa membuat uramakizushi (nasi atau mi di luar, nori di dalam) dari mi. Coba juga buat menjadi gunkanmaki, oshizushi, atau temaki.

COMMENT