SHARE THIS ARTICLE

Tai-meshi, nasi masak ikan kakap merah dari Jepang (1) Ikan tai atau kakap merah tergolong ikan mewah di Jepang yang jadi bagian dari acara perayaan. Ikan ini bisa disiapkan dengan berbagai cara. Bisa diiris dan disajikan mentah sebagai sashimi atau menjadi ikan untuk sushi, bisa juga ditaburi garam lalu dibakar sebentar, atau diselubungi adonan untuk dibuat tempura. Ikan biasanya dipajang utuh dengan kepala dan buntutnya (yaitu cara penyajian yang disebut okashira-tsuki) pada acara-acara perayaan atau upacara Shinto. Ikan kakap merah sering disajikan seperti ini. Saat memenangkan turnamen besar, para pegulat sumo profesional berpose memegang ikan kakap merah besar. Para tamu di pesta perkawinan sering disuguhkan ikan kakap merah sepanjang sekitar 20 cm yang dipanggang utuh dengan kepala dan buntutnya. Tulang kecil di dekat insang bentuknya menyerupai ikan. Ini disebut sebagai `tai no tai` atau ikan kakap merah di dalam ikan kakap merah, yang juga dianggap membawa keberuntungan.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Tai-meshi, nasi masak ikan kakap merah dari Jepang (2)・300 g beras
・150 g potongan ikan kakap merah (dengan kulitnya)
*gunakan sekitar 80 g ikan tuna kalengan yang ditiriskan jika ikan kakap merah tidak tersedia
・2 hoso-negi atau daun bawang yang tipis dan empuk
・1 ruas jahe (sekitar 15 g)
・2 sendok makan kecap asin
・sedikit garam

Cara Memasak

1. Masukkan beras ke dalam saringan. Rendam saringan dalam air dingin di dalam panci atau cawan untuk mencuci beras. Angkat saringan dari cawan dan aduk berasnya dengan tangan. Bilas beras dengan air bersih. Gantilah terus air dalam cawan hingga tidak berwarna susu lagi. Tiriskan.

2. Masukkan beras ke dalam panci berpenutup, masukkan 400 ml air dan rendam beras selama 30 menit.

Tai-meshi, nasi masak ikan kakap merah dari Jepang (3)3. Buang duri dari potongan ikan. Potong-potong ikan menjadi potongan sepanjang 3 cm dan tebal 1 cm. Taburi dengan garam dan diamkan selama 20 menit. Iris tipis-tipis daun bawang. Kupas jahe dan potong tipis-tipis menjadi potongan seperti korek api.

Tai-meshi, nasi masak ikan kakap merah dari Jepang (4)4. Campurkan 2 sendok makan kecap asin ke nasi. Baringkan potongan ikan kakap merah di atas beras, bagian yang ada kulitnya menghadap ke atas. Pasang tutup panci dan nyalakan kompor dengan api sedang. Saat airnya mendidih, kecilkan apinya dan biarkan terus terebus selama 12 menit. Jangan angkat tutup pancinya sama sekali. Setelah 12 menit, matikan kompornya. Dengan panci masih tertutup, biarkan nasi terkukus selama 10 menit lagi menggunakan panasnya sendiri. Setelah 10 menit, angkat tutup panci, pindahkan ikan ke piring lalu aduk nasi dengan sendok kayu atau sendok nasi lembab. Pastikan untuk mengaduk sepanjang dasar dan tepi panci. Sajikan nasi menggunakan piring atau cawan. Susun potongan ikan di atas nasi dan taburkan daun bawang dan jahe di atas nasi. Pastikan untuk mengelap embun yang ada di bawah tutup panci untuk mencegahnya terkumpul dan menetes balik sehingga membuat nasi jadi lembab.

Source : www3.nhk.or.jp
COMMENT