SHARE THIS ARTICLE

Walaupun Indonesia dan Jepang berada dalam  benua Asia, tetapi untuk urusan kuliner Jepang dan Indonesia memiliki perbedaan mendasar. Perbedaan yang paling mendasar adalah penggunaan bumbu dalam setiap masakan di antara kedua negara.

dreamersradio.com
dreamersradio.com

Menurut Chef Kimio Nonaga, pemilik Resto Nihonbashi Yukari di Tokyo, Jepang ini mengatakan bila perbedaan yang mendasar adalah persoalan pemakaian bumbu pada makanan yang dimiliki oleh masing-masing negara.

Indonesia punya makanan yang lebih kuat mulai dari rasa dan aroma. Rasa yang kuat itu muncul dari pemakaian rempah-rempah yang banyak, sementara Jepang hanya mengandalkan rasa yang alami,” tuturnya, seperti dilansir dari Okefood.

Karena menggunakan bumbu yang banyak membuat makanan diolah menjadi pedas. Hal ini menerutnya ketika dikonsumsi bumbu rempah-rempah lebih mendominasi ketimbang bahan utamanya. Sedangkan di Jepang keterbatasan rempah-rempah membuat masakan di sana memiliki rasa yang alami.

Kalau di Jepang itu, makan mencari rasa yang asli, di Jepang kan sangat terbatas untuk persoalan bumbu rempah-rempah, beda dengan Indonesia yang memiliki segalanya,” jelasnya.

Meski terdapat perbedaan, ada pula kesamaan yang dimiliki oleh Indonesia dengan Jepang, yakni sesama negara kepulauan. Mau tak mau, hasil laut pun juga dipergunakan buat konsumsi makanan utama masyarakat tiap negara.

Karena Indonesia dan Jepang sama-sama negara kepulauan, maka dua negara ini memiliki seafood, sehingga bahan dari laut bisa dipakai untuk menghasilkan umami atau gurih dengan cara dikeringkan, dan bisa dipakai bikin kaldu,” tambahnya.

Source : dreamersradio.com
COMMENT