SHARE THIS ARTICLE

isao takahata

Sutradara dan produser ternama, Isao Takahata akan mendapatkan kehormatan di Annecy International Animation Film Festival yang diadakan di Annecy, Perancis, dari tanggal 9 Juni hingga 14 Juni 2014. Takahata akan mendapatkan sebuah penghargaan istimewa, yaitu Cristal Award untuk merayakan kontribusinya selama ini di dunia animasi. Di festival itu juga akan ditampilkan karya terbarunya, “The Tale of the Princess Kaguya,” sebagai pembuka festival tersebut.

Festival film animasi tertua di dunia itu sudah ada sejak  1960. Sebelumnya festival itu merupakan bagian dari Festival Film Cannes.  Dan hingga kini festival itu telah menjadi festival film animasi paling prestisius.

Bicara soal Isao Takahata sendiri, beliau lahir pada tahun 1935. Dulu semasa SD, ia tertarik dengan sastrawan Perancis, Jacques Prevert dan animator Paul Grimault. Lalu pada tahun 1959, ia bergabung dengan Toei Doga Co. (sekarang dikenal sebagai Toei Animation Co.). Lalu setelah itu, bersama seorang mangaka bernama Hayao Miyazaki, ia membentuk  Studio Ghibli Inc.

Di usia 78 tahun ini, Takahata dikenal atas karya-karyanya yang cukup banyak dan terkenal seperti “Panda! Go Panda! The Rainy-Day Circus” “Kiki’s Delivery Service“, dan “My Neighbors the Yamadas.” Bahkan “Pom Poko” pernah memenangi penghargaan “best feature film” di  Annecy pada 1995.

Sebagai seorang produser, ia adalah orang di balik layar atas banyak film Hayao Miyazaki seperti “Nausicaa of the Valley of the Wind” dan “Castle in the Sky.”

The Tale of the Princess Kaguya” itu sendiri berdasarkan cerita klasik Jepang Taketori Monogatari” (Cerita si Pemotong Bambu), dan telah dirilis di Jepang sejak musim gugur 2013. Selama karirnya yang panjang, sang sutradara ini telah mendobrak batas-batas teknik animasi lewat pengeksplorasian ala interpretasinya yang unik.

Film Kaguya ini sendiri akan tayang di bioskop-bioskop Perancis pada tanggal 25 Juni.

Source : ajw.asahi.com
COMMENT