SHARE THIS ARTICLE

1a sushi-jumbo-berisi-ikan-sarden-utuh-Xz0d87UpHF

UMUMNYA ikan dalam sushi hanya lembaran kecil. Namun, restoran di Jepang, Kurazushi, menghidangkan sushi dengan ikan utuh, mulai dari kepala hingga ekor, sehingga ukurannya cukup jumbo.

Bukan itu saja yang tidak biasa. Produk baru yang diberi nama Whole sardine sushi roll ini juga menggunakan ikan sarden sebagai isian sushi.

Whole sardine sushi roll juga dilengkapi dengan daun oba (basil Jepang) dan plum parut sebagai isian. Sushi kemudian dibalut dengan nasi dan sebagai pamungkasnya, tentu saja adalah lembaran rumput laut. Panjangnya bisa mencapai 10 centimeter.

Karena menggunakan ikan utuh, konsumen diwanti-wanti untuk berhati-hati ketika menikmatinya agar tidak tersedak duri. Demikian seperti dilansir Rocketnews24, Jumat (9/1/2015).

1b download

Hidangan unik ini sebenarnya dibuat juga dalam memperingati Setsubun, yaitu tradisi untuk menandai musim semi di Jepang. Pada perayaan selama sebulan, penduduk lokal akan membeli ehomaki, sushi gulung tebal. Ada aturan dalam memakannya, yaitu menghadap ke arah titik kompas yang dianggap paling menguntungkan untuk tahun ini. Masyarakat lalu akan melempar kedelai panggang sebagai simbol mengusir roh jahat.

Hal unik lainnya dalam perayaan ini adalah penduduk akan memasang dekorasi pintu masuk rumah dengan sesuatu yang disebut hiiragi iwashi. Ini adalah hiasan daun-daun bersama kepala ikan sarden yang ditancap ke sebuah batang. Maksudnya untuk mengusir roh jahat agar tidak masuk ke dalam rumah.

Source : lifestyle.okezone
COMMENT