SHARE THIS ARTICLE

sushi

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang telah mendunia. Kesegaran bahan-bahan yang digunakan menjadi andalannya. Namun sudah tahukah kalian fakta-fakta menarik tentang sushi?

1. Sushi Tak Selalu Harus Ikan Mentah

Sushi tak selalu dibuat dengan ikan mentah. Kalian dapat membuat sushi dengan bahan-bahan vegetarian tanpa menambahkan sedikitpun ikan atau daging. Kalian dapat membuat sushi roll menggunakan mentimun ataupun alpukat.

2. Sushi Tak Harus Dibumbui Dengan Cuka Beras

Sushi memang identik dengan cuka beras, namun bukan berarti harus selalu menggunakan bahan tersebut. Kalian dapat menggunakan lemon untuk membumbui sushi. Beberapa daerah di pegunungan Jepang bahkan menggunakan jeruk yuzu.

3. Di Jepang Cara Kalian Memakan Sushi Akan Diamati

Jika kalian berkunjung ke sushi bar di Jepang, kalian akan dilayani langsung oleh chef sushinya. Chef tersebut akan mengamati cara kalian menikmati sushi, apakah menggunakan tangan atau sumpit. Hal tersebut merupakan kebiasaan para chef di sana, untuk digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran mereka.

sushi2

4. Makanlah Sushi Kalian Dengan Segera

Jangan diamkan sushi kalian terlalu lama. Begitu sushi disajikan usahakan kalian langsung menikmatinya, karena mendiamkan sushi terlalu lama dapat mengubah rasanya. Restoran yang dapat mengolah sushi dengan benar, mereka akan memasak berasnya dengan suhu yang tepat.

5. Jangan Tinggalkan Sumpit Kalian

Hal yang satu ini sebenarnya hanya salah satu kebiasaan orang Jepang. Jika selesai makan sushi menggunakan sumpit, jangan letakan sumpit tersebut di dalam mangkuk kembali karena dianggap sedang menawarkan makanan untuk orang yang sudah meninggal. Letakan sumpit tersebut di meja, atau bawah piring kalian.

Source : okefood.com
COMMENT